Guru dan Siswa di Tanah Datar Tetap Melaksanakan Proses Pembelajaran di Rumah -->

Guru dan Siswa di Tanah Datar Tetap Melaksanakan Proses Pembelajaran di Rumah

Kamis, 13 Agustus 2020, 16:35
Kasi Penmad Kankemenag Tanah Datar, Helmi Zuldi. (foto ist)

Batusangkar, Rakyetterkini - Setelah sempat datang ke sekolah tiap hari sejak tiga pekan lalu, guru madrasah di Tanah Datar diperbolehkan mengambil absen dalam jaringan (daring) di rumah.

Demikian juga kegiatan untuk pembelajaran dengan siswa tetap dijalankan di rumah oleh siswa.

"Guru madrasah pada semua jenjang pendidikan sejak tiga hari lalu terutama yang berada di Kecamatan Limo Kaum mengambil absen dan melaksanakan pembelajaran di rumah," kata Kasi Pendidikan Madrasah Kankemenag  Tanah Datar H. Helmi Zuldi, MA saat dihubungi, Kamis (13/8/2020).

Kebijakan ini diambil menyusul dinyatakannya positif torkonfirnasi Covid-19 hingga kemarin sebanyak 34 orang warga yang berasal dari sejumlah kecamatan. Padahal pekan daerah ini dinyatakan nol kasus, kembali menjadi zona merah.

Menurut Helmi Zuldi, sebelumnya Kankemenag dan Pemkab telah merencanakan pembelajaran tatap muka di madrasah, namun badai prahara dan bencana datang tiba-tiba melenyapkkan itikad itu.

"Guru dan pendidikan harus diselamatkan, dan harus bersemangat memberikan materi di rumah," jelasnya.

Kasi Penmad meminta dalam penyajian materi berbentuk daring, baik layanan WA Grup maupun googlefrom tidak terlalu memberatkan siswa dan mengacu materi esensial dimana hanya dua matapelajaran dalam satu hari.

Sementara, Kadis Dikbud Riswandi saat dihubungi mengatakan seluruh sekolah dalam Kecamatan Limo Kaum harus ditutup. Guru dan pegawai mengambil absen di rumah.

Dijelaskannya, proses pembelajaran total berada di rumah, demikian guru yang mengambil absen dan memeriksa tugas siswa awal datang ke sekolah kini tidak ada lagi.

Ditambahkan, saat ini resiko penyebaran virus berbahaya itu datang dari kantor hingga sekolah, kondisi ini harus jadi perhatian bersama. (ydi)

TerPopuler