BNNK Pasaman Barat Berhasil Sidik Lima Perkara Narkoba -->

BNNK Pasaman Barat Berhasil Sidik Lima Perkara Narkoba

Selasa, 11 Agustus 2020, 13:58
Kepala BNNK Pasaman Barat ,Irwan Effenry dan dua tersangka saat di ruang BNN Pasaman Barat memberikan keterangan pers, Selasa. (junir sikumbang)

Simpang Empat, Rakyatterkini - Berkat kerjasama tim, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Pasaman Barat berhasil melakukan penyidikan terhadap lima perkara kasus penyalahgunaan sabu, dengan 1,2 gram barang bukti dan lima (5) orang tersangka.

"Benar kita telah melakukan penyidikan lima bekas pekara kasus penyalahgunaan narkoba dan  lima tersangka, selebihnya dalam rehabilitasi BNN. Kami akan menampung semua Laporan Kejahatan Narkoba (LKN) dari masyarakat di Pasaman Barat," sebut Kepala BNN Kabupaten Pasaman Barat Irwan Effenry dalam konferensi pers kepada wartawan, Selasa (11/8/2020) di Simpang Empat.

Menurut Irwan, meski BNN Pasaman Barat ditargetkan dua kasus LKN dalam satu tahun, tetapi BNN Pasaman Barat sudah melakukan penyidikan  lima kasus Narkoba, lima tersangka dan lima berkas. Artinya target yang dibebankan kepada BNN Pasaman Barat sudah terpenuhi.

Kelima tersangka tersebut, sepanjang tahun 2020 adalah inisial LA, DC, FP, YS,NP. Kelima tersangka tersebut, sekarang dalam proses penyidikan BNN. Tersangka dijerat dengan pasal yang berbeda Undang-Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika, yang umumnya dengan ancaman diatas lima tahun penjara.

Dia menjelaskan telah menjalin kerjasama dengan Satnarkoba Polres Pasaman Barat,  untuk menanganan dan pemberantasan narkoba di Pasaman Barat.

"Artinya sekarang Pasaman Barat dalam darurat narkoba, tidak saja sebagai daerah perlintasan dari Aceh atau Sumut, tetapi sekarang sudah sebagai target peredaran narkoba oleh bandar narkoba dari luar. Maka BNN siap untuk menyelamatkan generasi muda dari narkoba," sebut Irwan.

Dia menambahkan sepanjang ini BNN Pasaman Barat sudah ada 20 orang yang sudah direhab oleh BNN, baik rehap inap maupun rehap jalan sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku. (gjr)

TerPopuler