Bangkitkan Tradisi Budaya, Anak Nagari Batang Gadih Gelar Festival -->

Bangkitkan Tradisi Budaya, Anak Nagari Batang Gadih Gelar Festival

Sabtu, 15 Agustus 2020, 08:10
Ilustrasi.

Batusangkar, Rakyatterkini - Anak Nagari Batang Gadih Nagari Batipuh Baruah, Kecamatan Batipuh berupaya membangkitkan tradisi budaya dan kulinernya, yang dikemas dalam sebuah iven festival.

Kègiatan bertajuk festival budaya dan kuliner anak nagari dalam rangkaian HUT RI ke-75 bakal dimuka Wabup Zuldafri Darma  hari ini, Sabtu (15/8) hingga tiga hari ke depan.

"Keinginan kita adalah melestarikan adat budaya beserta permainan anak nagari dengan mengusung  tema the cultures of Batipuah dan Baradaik Ka Batipuah, Barajo Ka Pagaruyung, Adaik Salingka Nagari," sebut ketua Panitia Pelaksana Festival Budaya dan Kuliner Ade RP pada pers beberapa hari lalu.

Ia  mengatakan saat ini budaya dan tradisi anak nagari telah mulai ditinggalkan dalam kehidupan sekarang. Hal kemungkinan akibat memudarnya nilai adat dan budaya akibat digerus budaya lain, serta akibat perubahan zaman sehingga nilai budaya dan tradisi kian menyempit atau bisa hilang.

Makanya, dengan festival ini diupayakan dibangkitkan semangat itu kembali pada masyarakat Batipuh. Disana termasuk hubungan niniak mamak dalam kaum dan kemenakannya.

"Keinginan kita pada festival ini juga untuk mempersatukan  anak nagari dalam edukasi wisata budaya dan tradisi sebagai cikal-bakal destinasi," jelas Ade.

Menurutnya, dengan prediket Batipuah Nagari Gadang dengan 10 koto didalamnya, dan sapuluah anak koto akan merangkul generasi muda untuk melestarikan budaya dan tradisinya sehingga terciptanya sebuah kreasi atau karya inovasi kekinian,  dimana sebagai ruang yang dapat menciptakan interaksi budaya.

Dalam pelaksanaan iven ini melibatkan niniak mamak, bundo kanduang, cadiak pandai, alim ulama, anak nagari.

Dengan isi dan materi iven, pagelaran pakaian kebesaran niniak mamak, bundo kanduang dalam batagak pangulu, makan bajamba dan pasambahan kato, diikuti pegelaran tari tarian, silek, randai, saluang, dan festival kuliner.

Juga ada jalan santai sekaligus memperkenalkan lokasi wisata  di Batipuah beserta tradisi masyarakatnya, dan festival  alang-alang baradaik

Di sana niniak mamak memakai baju kebesarannya, bundo kanduang denga baju basiba, dan masyarakat yang terlibat pakaian guntiang cino dan celana kerek atau baju guntiang ampak an baju basiba untuk perempuan.

Atas rencana iven itu, Budayawan dan Tokoh Adat Musra Dahrizal Katik Rajo Mangkuto alias Mak Katik menyatakan dukungannya. Katanya, iven ini sangat positif untuk merangsang generasi muda memahami adat dan tradisinya.

Ia ingin agar festival ini akan buhu membuhul dengan tradisi di Nagari Batipuh Baruah, seperti tarian tradisional, randai, silek, saluang, alu pasambahan dan lainnya.

Menurutnya, sebab dalam iven serupa inilah tradisi akan bangkit kembali dan menjadi pakaian anak nagari, serta menjadi aplikasi dalam kehidupan bernagari. (ydi)

TerPopuler