Warga Kampuang Sianok Minta Irigasi yang Jebol Diperbaiki -->

Warga Kampuang Sianok Minta Irigasi yang Jebol Diperbaiki

Rabu, 29 Juli 2020, 21:56
Inilah irigasi di Kampuang Sianok yang jebol. (foto ist)

Painan, Rakyatterkini - Tanggul irigasi yang jebol di Kampuang Sianok, Nagari Koto Nan Tigo Selatan, Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pessel, Sumatera Barat, hingga kini belum ada perbaikan dari dinas terkait.

Padahal tanggul itu jebol sudah puluhan tahun. Masyarakat, petani hingga perangkat nagari sangat mengharapkan perbaikan pada pemerintah daerah, yakni Dinas PSDA Pesisir Selatan.

Kepala Dinas (PSDA) Pessel, Doni Gusrizal sebelumnya mengakui perbaikan satu tanggul yang jebol di nagari itu belum terlaksana sampai saat sekarang.

Setelah dikonfirmasi kepada wali nagari Mawardi, permasalahan itu sudah ditanggapi dinas kabupaten sekian tahun lalu, namun tidak ada tanggapan sampai saat sekarang.

Menurut wali, jebolnya tanggul pada titik ini merupakan kondisi darurat sehingga harus sesegera mungkin diperbaiki, sebab nantinya jalan akses utama akan ikut roboh nantinya, dan sekarang jalan akses utama menuju kampung kampung sudah berlobang besar.

Sebagai pemerintahan nagari tidak bisa memperbaiki, sebab anggaran dari kabupaten (APBD). Tanggul yang roboh ini panjangnya sekitar 50 meter dan penahan akses utama tempat pelancaran air untuk permukiman sawah dan perkebunan warga.

"Kami sebagai pemerintahan nagari, tak bisa berbuat apa apa, sebab ini bukan wewenang nagari, "terang Mawardi. (baron)

TerPopuler