Silaturahmi dengan Media, Polairud Polda Sumbar Butuh Penambahan Kapal Patroli -->

Silaturahmi dengan Media, Polairud Polda Sumbar Butuh Penambahan Kapal Patroli

Jumat, 17 Juli 2020, 18:15
Direktur Polairud Polda Sumbar, Kombes Sahat M Hasibuan silaturahim dengan media. (foto ist)

Padang, Rakyatterkini - Polisi Air dan Udara (Polairud) Polda Sumbar siap mengamankan perairan Sumbar, dengan mengerahkan 12 unit kapal patroli.

Direktur Polisi Air dan Udara (Dir Polairud) Polda Sumbar, Kombes Pol. Sahat M Hasibuan, Jumat (17/7/2020) menuturkan setiap hari patroli rutin dilakukan dan setiap anggota diwajibkan memakai pelampung.

"Perairan Sumbar sangat kondusif. Namun, kita tetap melakukan patroli rutin untuk pengawasan perairan, baik oleh pencuri ikan maupun peredaran narkoba melalui laut, "ujar Kombes Pol. Sahat M. Hasibuan.

Diceritakan, 12 unit kapal patroli yang dimiliki Polairud, jenisnya berbeda-beda yakni kapal C1 (ukuran besar) dua kapal, C2 (ukuran sedang) enam kapal, dan C3 (ukuran kecil) empat kapal.

"Kita butuh satu kapal yang berukuran besar untuk berpatroli, minimal satu kapal lagi tambahannya, terutama patroli ke Mentawai, "ujar Sahat saat silaturahim dengan insan media di Dermaga Bungus.

Kapal ukuran besar itu minimal panjangnya 16 meter, dengan kecepatan 15 knot, satu 1 jam menempuh jarak 15 mil. Artinya, lebih cepat dibandingkan kapal kecil.

Peralatan penunjang lainnya saat berpatroli seperti perahu karet, dan rit. Namun, peralatan atau Alat Material Khusus (Almatsus) Polri juga dimiliki, tetapi penggunaan dalam waktu tertentu.

"Almatsus Polri adalah peralatan yang digunakan untuk kepentingan penyelenggaraan keamanan dan ketertiban masyarakat yang ditetapkan oleh Kapolri," ungkap Sahat.

Silaturahim itu dihadiri pejabat lainnya, mulai dari jabatan AKBP, Kompol dan perwira lainnya. (gp)

TerPopuler