Seleksi Kepala Jorong, Pilih Pejabat yang Berkomitmen Kuat pada Masyarakat -->

Seleksi Kepala Jorong, Pilih Pejabat yang Berkomitmen Kuat pada Masyarakat

Senin, 06 Juli 2020, 12:39
Seleksi penyaringan kepala jorong. (foto ist)

Lubuk Jantan , Rakyatterkini -  Kepala jorong perpanjangan tangan wali nagari dan paling dekat dengan masyarakat. Untuk itu menjabat sebagai kepala jorong diperlukan komitmen yang kuat untuk mengabdi kepada masyarakat. 

Melalui kepala joronglah nantinya wali nagari mendapatkan informasi untuk mengetahui kondisi masyarakat di masing-masing jorong.

Demikian diungkapkan Wali Nagari Lubuk Jantan, Mukhlis Rajo Hitam,  ketika membuka seleksi penjaringan Kepala Jorong Mawar 1 dan Nusa Indah di Gedung serbaguna nagari. 

Di tempat yang sama Sekretaris Nagari Hermansyah mengatakan ada beberapa persyaratan yang harus dilalui oleh calon kepala jorong.

Diantaranya umur 20 - 42 tahun,  tes tertulis dan tes wawacara yang meliputi adat,  agama dan pemerintahan.  Hasil dari proses tersebut yang dijadikan acuan untuk memilih kepala jorong.  

Calon kepala jorong dites wawancara oleh  utusan kecamatan,  wali nagari,  ketua BPRN,  ketua KAN dan tokoh masyarakat. 

Seleksi kepala jorong diikuti oleh 4 orang dari Jorong Nusa Indah dan 9 orang dari Jorong Mawar 1.

Terpisah,  Yon Hendri,  Kepala Madrasah Thawalib yang juga tokoh masyarakat  menambahkan  sangat mendukung proses penjaringan calon kepala jorong yang dilakukan oleh nagari.  Mudah-mudahan akan didapatkan kepala jorong yang berkualitas. (bst)

TerPopuler