Ratusan Warga Klaten Terjaring Operasi Masker -->

Ratusan Warga Klaten Terjaring Operasi Masker

Minggu, 12 Juli 2020, 10:21
Warga yang terjaring operasi masker di depan RSJD Soedjarwadi Klaten. (cahyo)

Klaten, Rakyatterkini - Berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. 

Salah satunya dengan melakukan penindakan kepada warga yang tidak menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Penjelasan tersebut disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Satpol PP Kabupaten Klaten Rabiman di sela-sela kegiatan operasi masker, Sabtu (11/7/2020) malam.

Rabiman mengatakan, penindakan kepada warga yang tidak menggunakan masker sudah dimulai sejak 1 Juli 2020 lalu.

Menurutnya, kegiatan dilaksanakan oleh Tim Gugus Tugas tingkat kabupaten hingga di tingkat kecamatan.

‎"Tim Gugus Tugas tingkat kabupaten sudah melakukan penindakan kepada 300 warga. Sebanyak 30 orang diantaranya merupakan pelajar yang ada di Klaten," katanya.

Dia menambahkan, bagi warga yang terjaring operasi akan diminta KTPnya. Setelah mereka membawa masker maka KTP akan diserahkan kembali. 

"Sementara bagi siswa, datanya kami serahkan ke Dinas Pendidikan. Data selanjutnya diserahkan ke sekolah masing-masing untuk mempengaruhi nilai kepribadiannya," kata Rabiman.
Menurutnya, tingkat kepatuhan warga Klaten untuk menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah sudah mencapai 85 persen. 

‎Menurut Rabiman, untuk kegiatan operasi malam itu, personel gabungan berasal dari unsur Satpol PP, Dishub,TNI, Polri, ORARI, RAPI, Kesbangpol dan BPBD. 

"Total personel sebanyak 90 orang yang dibagi menjadi 2 tim," pungkasnya. (cahyo)‎

TerPopuler