Program Sebar Seru Gunung Tuleh Salurkan Rp65 Juta untuk Masyarakat Kurang Mampu -->

Program Sebar Seru Gunung Tuleh Salurkan Rp65 Juta untuk Masyarakat Kurang Mampu

Jumat, 10 Juli 2020, 16:35
Pembagian sembako di Jorong Kartini Kecamatan Gunung Tuleh. (foto ist)

Pasaman Barat, Rakyatterkini - Forkopimca Gunung Tuleh bersama lintas sektor kecamatan dan pemerintah nagari hingga 10 Juli 2020 telah menyalurkan bantuan sosial Rp65.000.000 melalui program Sedekah Bareng Sepuluh Ribu (sebar seru) kepada masyarakat kurang mampu di kecamatan setempat.

"Alhamdulillah, hingga saat ini sudah tersalurkan sekitar Rp65 Juta. Rata-rata setiap bulannya diserahkan Rp5 juta per kejorongan untuk masyarakat kurang mampu setempat," kata Camat Gunung Tuleh, Randy Hendrawan.

Dikatakan, dana Sebar Seru bersumber dari dana zakat para donatur dari unsur pemerintah kecamatan, nagari, Kapolsek, Babinsa, kepala UPT, perusahaan, tokoh masyarakat dan donatur umum yang dikelola oleh Unit Pengelola Zakat (UPZ) Kecamatan Gunung Tuleh.

Pemberian bantuan sosial kepada masyarakat kurang mampu rutin dilaksanakan setiap bulannya dibarengi dengan program Jumat Keliling yang memuat berbagai layanan jemput bola seperti pelayanan seperti cek kesehatan gratis yang digagas oleh Puskesmas setempat.

Selanjutnya, layanan konsultasi urusan agama oleh KUA, pelayanan KB, pelayanan administrasi kependudukan, pelayanan pembuatan surat keterangan kepolisian oleh Polsek Gunung Tuleh dan donor darah bekersama dengan PMI Pasaman Barat (Pasbar).

Jumat Keliling ke-13 dilaksanakan di Jorong Kartini Nagari Muaro Kiawai Kecamatan Gunung Tuleh yang turut dihadiri oleh Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Yunisra Syahiran, Bupati Pasbar, H. Yulianto diwakili Asisten Ekonomi Pembangunan, Irwan.

Dalam kesempatan tersebut diserahkan sebanyak 40 paket sembako kepada masyarakat kurang mampu dan 1 juta bantuan uang tunai kepada pengurus Masjid Nurul Huda Jorong Kartini nagari Muaro Kiawai.

Turut serta di dalam kegiatan, anggota DPRD Pasbar, Haviz, Kapolsek Gunung Tuleh, Iptu Zulfikar, Koordinator Babinsa, Serka Damiati, Kepala KUA, Jufri, Wali Nagari Muaro Kiawai, Perdinan Ujang, Kepala Puskesmas, Kepala UPT, Ketua TP. PKK Kecamatan dan Nagari, kepala jorong, tokoh masyarakat dan masyarakat setempat. (gjr)

TerPopuler