Produksi Perikanan Ditingkatkan, Kontribusi Kabupaten/kota Diperlukan -->

Produksi Perikanan Ditingkatkan, Kontribusi Kabupaten/kota Diperlukan

Selasa, 07 Juli 2020, 15:25
Produksi ikan,

Padang, Rakyatterkini - Kementerian Kelautan dan Perikanan sudah menetapkan indikator kinerja utama (IKU) tahun 2020-2024, yang pencapaiannya dapat direalisasikan atas peran serta atau kontribusi provinsi dan kabupaten/kota.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar, Ir. Yosmeri, mengatakan indikator itu seperti pertumbuhan PDB perikanan, produksi perikanan tangkap, produksi perikanan budidaya, nilai ekspor hasil perikanan.

Selain itu, pembudidaya ikan, pengolah dan pemasaran, angka konsumsi ikan, luas kawasan konservasi serta kepatuhan pelaku usaha kelautan dan perikanan terhadap peraturan perundang-undangan.

Kementerian Kelautan dan Perikanan mengharapkan adanya dukungan pemerintah daerah terhadap sektor Kelautan dan Perikanan melalui program dan pengangaran, antara lain, penguatan kegiatan gerakan masyarakat sehat dengan gemarikan untuk mencegah stunting.

Selain itu, menciptakan iklim usaha yang kondusif, penjabaran tujuan pembangunan berkelanjutan terkait kelautan dan perikanan dalam RPJMD, pembinaan dan pendampingan UMKM sektor Kelautan dan Perikanan untuk peningkatan skala usaha.

Dukungan penyediaan lahan yang clean dan clear untuk mendukung kegiatan prioritas Kelautan dan Perikanan, fasilitasi pelaku utama Kelautan dan Perikanan dalam rangka pelatihan dan sertifikasi kompetensi, penguatan data statistik kelautan dan perikanan di daerah dengan sistem Satu Data KKP. (hms-sumbar)

TerPopuler