Produk Makanan Olahan Ikan 'Rambah' Supermarket dan Pasar Tradisional -->

Produk Makanan Olahan Ikan 'Rambah' Supermarket dan Pasar Tradisional

Kamis, 30 Juli 2020, 11:08
Kadis DKP Sumbar, Yosmeri bersama pemilik Tom Burger Payakumbuh, saat monitoring ke tempat usaha pengolahan ikan itu. (foto ist)

Padang, Rakyatterkini - Produk makanan dari olahan ikan banyak diminati oleh pasar tradisional dan modern di Sumatera Barat dan Indonesia umumnya.

Produk pengolahan hasil perikanan ini memiliki cita rasa yang khas dan berkualitas tinggi dan banyak ditemukan di pasar tradisional, swalayan dan supermarket.

Di Sumatera Barat, ribuan pengolahan ikan, baik secara tradisional maupun dalam bentuk industri dan yang sudah pakai label dan kemasan, merupakan binaan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumatera Barat.

"Iya, kita melakukan pembinaan dan monitoring ke UMKM pengolahan ikan secara rutin di beberapa tempat di Sumbar, "ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar, Ir. Yosmeri, Rabu (29/7/2020).

Salah satu usaha UMKM binaan DKP, yakni di Payakumbuh dengan branding Samara dan Tom Broger sudah dikemas dengan jenis produk abon, dendeng, rendang tuna, lele, patin dan produk ikan lainnya.

Produk ini sudah dipasarkan ke beberapa supermarket, di antaranya Transmart, Budiman, Niagara dan lainnya. Selain itu juga penjualan juga melalui online.

"Seminggu lagi juga akan masuk ke Swalayan Citra, "ujar Yosmeri.

DKP Sumbar terus mendorong perajin untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas agar dapat memenuhi permintaan pasaran di Sumbar dan mancanegara.

"Kita terus melakukan pembinaan agar perajin bisa menggunakan teknologi untuk meningkatkan produksi, sehingga akan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan pelaku usaha kecil menengah ini, "ujar Yosmeri. (hms-sumbar)

TerPopuler