Pilkada Trenggalek Masih Remang-remang, Pasangan Top PKB-Golkar Kandas -->

Pilkada Trenggalek Masih Remang-remang, Pasangan Top PKB-Golkar Kandas

Kamis, 09 Juli 2020, 11:37
Ilustrasi.

Trenggalek, Rakyatterkini - Mantan Ketua DPRD Trenggalek, S Akbar Abbas menilai pilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 Trenggalek masih remang- remang.

Sebab, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Golonggan Karya (Golkar)  yang kabarnya akan mengusulkan pasangan TOP kini sudah kandas. 

"Itulah dinamika politik makanya kita harus cermat untuk memilih, "terangnya. 

Menurut Abbas, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sejatinya telah mengajukan nama cabup dan cawabup di Pilbup Trenggalek 2020, yakni Alfan Rianto dari PKB sebagai cabup dan Panca Rachmadi dari Golkar sebagai cawabup.

Selanjutnya, usulan nama tersebut sudah diajukan ke tingkat DPW PKB hingga ke DPP PKB. Bahkan, ia menegaskan jika dalam pilkada tahun ini, PKB dan Golkar telah sepakat untuk membentuk koalisi baru nantinya. 

Artinya, diantara kedua partai itu akan mengusung calon bupati dan wakil bupati, di mana calon bupatinya dari PKB dan wakilnya dari Golkar. 

Masih menurut senior politik S. Akbar Abbas, Partai Demokrasi Indonesia Perjuanggan (PDIP) akan mengusulkan Gus Ipin dengan Syah Natanegara akan tetapi PKB akan mengusulkan Gus Ipin dengan Zainal Fanani. 

Sementara, Ketua Lembaga Studi Kebijakan Publik (LSKP), Ganief Tanto Adiwijaya mengatakan, bola ada ditangan PDI Perjuangan yaitu, Muhamad Nur Arifin yang merupakan petahana sekaligus juga ketua DPC PDIP Trenggalek yang akan dihadapkan pada dua pilihan untuk menggandeng kader PKB. 

Setelah kemunculan nama Zaenal Fanani yang akan direkom oleh partai pemenang pemilu di Trenggalek itu.

Sebagaimana kita ketahui sebelumnya PDIP merelease pasangan bakal calon petahana akan menggandeng Syah Muhamad Natanegara yang juga sebagai kader PKB.

Setelah usulan paslon Totok Muasir dari PKB dan Ponco Rahmadi dari Partai Golkar dianggap DPP PKB kurang serius akhirnya partai pemenang pemilu itu mengajukan nama Zaenal Fanani, kader PKB yang sudah dua periode menjabat sebagai wakil rakyat sekaligus ketua PAC PKB Kampak untuk membuka pintu koalisi dengan PDI Perjuangan.

Dinamika yang tinggi pilkada di Trenggalek ternyata sangat menarik untuk dicermati. Marilah kita tunggu hasil pembahasan kedua DPP parpol itu, siapa yg akan mendampingi petahana Muhamad Nur Arifin dalam Pilkada tahun 2020 yang akan digelar bulan Desember nanti mendatang. (as) 

TerPopuler