Kapolda Sumbar Kukuhkan Pengurus Pokdar Kamtibmas, Jumlah Polisi 1:300 -->

Kapolda Sumbar Kukuhkan Pengurus Pokdar Kamtibmas, Jumlah Polisi 1:300

Rabu, 29 Juli 2020, 14:58
Kapolda Irjen Toni Harmanto memasangkan rompi pada ketua Pokdar Sumbar. (foto humas)

Padang, Rakyatterkini - Kapolda Sumatera Barat, Irjen Pol Toni Harmanto, mengukuhkan kepengurusan kelompok sadar (Pokdar) Kamtibmas tingkat provinsi, Rabu (29/7) di ball room Hotel Mercure Padang.

Kapolda mengatakan, untuk menciptakan kamtibmas yang kondusif sejatinya diperlukan jumlah anggota Polri yang sebanding dengan jumlah masyarakat.

Kini 1:300 dengan pengertian 1 polisi memberikan pelayanan maksimal kepada 300 masyarakat. 

Namun jumlah yang diharapkan sampai sekarang masih belum terpenuhi, sehingga peran serta masyarakat sangat diperlukan dalam mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif tersebut, kata Kapolda.

Jenderal Toni berharap, dengan terbentuknya Pokdar Kamtibmas Daerah Sumbar, dapat memberikan manfaat di tengah-tengah masyarakat, terutama dalam memahami, mengindentifikasi akar masalah dan pemecahan masalah melalui Alternative Dispute Resolution (ADR) dengan mengedepankan kearifan lokal. 

"Pokdar Kamtibmas diharapkan dapat memberikan bimbingan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang permasalahan kamtibmas mulai dari potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata serta sosialisasi tentang peraturan perundang - undangan lainnya,” ucapnya.

Dengan telah terbentuknya Pokdar Kamtibmas tingkat Provinsi, Kapolda Sumbar memerintahkan para Kapolres sejajaran setelah acara ini untuk segera mengukuhkan Pokdar Kamtibmas tingkat Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Desa/Kelurahan/Nagari.

Dalam pembentukan itu bersama Bupati/Walikota dan seluruh unsur Forkopimda Kabupaten/Kota dan melaporkan hasilnya pada kesempatan pertama.

Kemudian, kepada Dirbinmas selaku Pembina Pokdar Kamtibmas dan para direktur fungsi operasional untuk memberikan arahan kepada anggota Pokdar Kamtibmas tingkat provinsi dan kabupaten/kota, sehingga dapat memahami tugas pokok, fungsi dan peran serta prinsip-prinsip Pokdar Kamtibmas.

Termasuk kewajiban maupun larangan selaku anggota Pokdar Kamtibmas. 

"Berikan materi cara penyelesaian masalah dan pembinaan penyuluhan kepada masyarakat secara berjenjang," ujar Irjen Pol Toni Harmanto.

Kapolda menekankan, kegiatan ini adalah kegiatan yang sangat mulia dan bernilai ibadah. Jangan nodai dengan kepentingan-kepentingan pribadi atau kelompok serta mengharapkan imbalan-imbalan yang sifatnya materi. 

Memelihara keamanan, kenyamanan dan kedamaian di masyarakat adalah perintah Tuhan kepada kita semua selaku khalifahnya di muka bumi. 

"Mari kita laksanakan tugas mulia ini dengan sepenuh hati, semangat dan dedikasi tinggi dengan dilandasi niat yang tulus dan ikhlas serta pegang teguh slogan Pokdar Kamtibmas Daerah Sumatera Barat yaitu “Elok-elok Sajo," pungkasnya.

Turut hadir Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Edi Mardianto,  Pejabat Utama Polda, Kapolres sejajaran Polda Sumbar, Gubernur Sumbar (diwakili), Kasat Binmas sejajaran Polda Sumbar, Rektor Perguruan Tinggi Prov. Sumbar, Ketua Pokdar Kab Kota/Kabupaten serta pengurus, tokoh agama,  masyarakat, tokoh adat, cadiak pandai, alim ulama, bundo kanduang, pimpinan Ormas serta perusahaan. (*)

TerPopuler