Fraksi DPRD Tanah Datar Melunak Terhadap Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2019 -->

Fraksi DPRD Tanah Datar Melunak Terhadap Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2019

Sabtu, 04 Juli 2020, 07:28
Pimpinan DPRD Tanah Datar serahkan dokumen pemandangan umum  fraksi pada Wabup Zuldafri Darma. (ist)

Batusangkar, Rakyatterkini - Delapan fraksi di DPRD Tanah Datar terkesan melunak dan menyanjung kinerja Pemkab dengan program anggarannya.

Hal ini mengemuka dalam pamandangan umum delapan fraksi terhadap pertanggungjawaban pelaksanaan APBD  2019 bupati dalam sidang paripurna, Jumat (3/7/2020) di ruang sidang utama DPRD.

Sidang dipimpin Ketua DPRD Rony Mulyadi Dt. Bungsu didampingi Wakil Ketua Anton Yondra dan Ketua Saidani diikuti Wabup Zuldafri Darma, Forkopimda dan pejabat Pemkab.

Hampir semua fraksi memujikan kinerja keuangan Pemkab tahun lalu, terutama atas kebanggaan LHP dengan WTP delapan kali berturut-turut.

Kemudian, menyampaikan sejumlah catatan perbaikan, sedikit masukan dan pertanyaan.

Pandangan agar OPD terkait untuk memaksimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan perencanaan yang matang dan antar OPD  saling berkoordinasi. Disampaikan fraksi fraksi PAN melalui juru bicara Jasmadi.

Ia meminta agar Dinas Pariwisata mendapatkan  PAD  lebih baik melalui restribusi objek wisata.

Fraksi Perjuangan Golkar melalui jubir Dedi Irawan melihat output yang dihasilkan dari realisasi anggaran, masih lemahnya koordinasi lintas sektoran masing-masing OPD  sehingga sesuatu kegiatan tidak terencana dengan maksimal serta hasil tidak sesuai yang diharapkan.

"Kami mengapresiasi Pemkab telah bekerja dengan maksimal, namun juga harus optimalkan pengawasan dan pengendalian pekerjaan sehingga tidak menimbulkan kerugian di sisi PAD," ungkap Dedi.

Fraksi Hanura Benny Afero juga memberi apresiasi adanya usaha dari Pemkab dalam mengoptimalkan pungutan pajak restoran dan rumah makan melalui sosialisasi dan pamflet untuk sadar membayar pajak.

Sementara, fraksi Gerindra melalui jubir Azwar meminta agar Pemkab segera selesaikan permasalahan tapal batas di semua tingkatan agar tidak terjadi lagi perselisihan antarmasyarakat, serta masalah sumber air bersih di nagari gurun Kecamatan Sungai Tarab.

Fraksi Nasdem melalui jubir Nova Hendra mengharapkan pola penyerapan anggaran dilakukan dalam gerak yang berimbang, professional dan kontiniu.

Fraksi PKS melalui Abu Bakar meminta  kesiapan Pemkab menghadapi tahun ajaran baru sekolah tahun ini.

Fraksi PPP Zulhadi juga ucapkan terima kasih dan apresiasi pada semua pihak yang telah membantu secara moril bahkan materi menyesaikan permasalahan Covid-19 terurama masyarakat yang terdampak. (ydi)

TerPopuler