DKP Sumbar Optimalkan Budidaya Perikanan -->

DKP Sumbar Optimalkan Budidaya Perikanan

Kamis, 09 Juli 2020, 15:17
Budidaya perikanan.

Padang, Rakyatterkini - Kebijakan pembangunan sektor kelautan dan perikanan, merupakan prioritas nasional dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, pada 2020–2024.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar, Ir. Yosmeri, menuturkan Pemprov melakukan beberapa kebijakan, diantaranya, memperbaiki komunikasi dengan nelayan, penyederhanaan perizinan, pengembangan pelabuhan perikanan, pengaturan penangkapan ikan sampai ZEE dan laut lepas, dan perlindungan dan pemberdayaan nelayan.

Dikatakan, untuk peningkatan pendapatan nelayan, diperlukan pengoptimalan budidaya perikanan dan diperkuat untuk penyerapan lapangan kerja serta penyediaan sumber protein hewani untuk konsumsi masyarakat.

Selain itu, membangkitkan industri kelautan dan perikanan melalui pemenuhan kebutuhan bahan baku industri, peningkatan kualitas mutu produk dan nilai tambah, untuk peningkatan investasi dan ekspor hasil perikanan.

Begitu juga pengelolaan wilayah laut, pesisir dan pulau-pulau kecil serta penguatan pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan dan karantina ikan melalui koordinasi dengan instansi terkait, serta penguatan SDM dan inovasi riset kelautan dan perikanan. (hms-sumbar)

TerPopuler