DKP Gelar Monitoring ke UMKM Pengolahan Ikan -->

DKP Gelar Monitoring ke UMKM Pengolahan Ikan

Kamis, 30 Juli 2020, 12:20
Kepala DKP Sumbar, Yosmeri  berada di ruang proses pengolahan ikan, di salah satu UMKM di Payakumbuh. (foto ist)

Padang, Rakyatterkini - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumatera Barat menggelar monitoring dan pembinaan pada pelaku UMKM pengolahan ikan di dua tempat di Kota Payakumbuh.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar, Ir. Yosmeri, Rabu (29/7/2020) menuturkan monitoring digelar untuk mencek dan mengetahui perkembangan serta kemajuan pelaku usaha tersebut.

Selain itu, untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi serta antisipasi atau upaya pemecahannya.

"Iya, kita melakukan monitoring ke pelaku usaha pengolahan ikan dan perkembangan usahanya cukup bagus, "ujar Yosmeri.

Dikatakan, meskipun dalam suasana Covid-19, hasil produktifitas UMKM perikanan berupa olahan, tetap berjalan dengan baik, bahkan pelaku usaha bisa mempekerjakan karyawan sekitar 15 hingga 25 orang.

Monitoring tersebut digelar di dua tempat, yakni branding Samara dan Tom Broger di Payakumbuh. Di sana, jenis produk yang diolah kemasan, seperti abon, dendeng, rendang tuna, lele, patin, siomay tuna, bakso dan lainnya.

Untuk pemasarannya telah masuk ke Transmart, Budiman, Niagara dan dalam minggu ini akan masuk ke Citra Swalayan. Selain itu, juga dijual secara online. "Ini sebuah kemajuan yang cukup pesat, dan mudah-mudahan bisa merambah dunia, "harap Yosmeri.

Diceritakan, kedua UMKM ini dikelola oleh anak-anak muda. Begitu pula pekerjanya, semuanya anak-anak milineal. (hms-sumbar)

TerPopuler