Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar Terus Melakukan Pembinaan Terhadap Nelayan -->

Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar Terus Melakukan Pembinaan Terhadap Nelayan

Minggu, 05 Juli 2020, 09:20
Kepala DKP Sumbar, Yosmeri. 

Padang, Rakyatterkini - Pembinaan terhadap nelayan di pesisir pantai terus dilakukan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sumatera Barat.

Begitu juga nelayan di kawasan Danau Singkarak, selalu jadi perhatian pemerintah provinsi melalui Dinas Kelautan dan Perikanan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar, Ir. Yosmeri, mengatakan pembinaan yang dilakukan itu, di antaranya pemberian bantuan alat tangkapan ikan, mesin tempel, jaring serta tempat penyimpanan ikan.

"Pembinaan tersebut telah dilakukan sejak beberapa tahun lalu, "ujar Yosmeri, pada rakyatterkini, pekan lalu.

Ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat nelayan, mulai dari Pesisir Selatan, Padang, Pariaman, Pasaman Barat hingga kepulauan terluar di Mentawai, yakni Sinyaunyau.

Dikatakan, persoalan yang dihadapi nelayan selama ini di bidang peralatan penangkapan ikan, yang sebelumnya tradisional dan kini dialihkan ke peralatan yang mempunyai teknologi. "Itu program kita, dari tradisional kita alihkan ke teknologi, "paparnya.

Seperti, nelayan yang selama ini menggunakan sampan dayung, dibantu dengan mesin tempel, mulai dari Pesisir Selatan hingga pulau terluar Mentawai. Dengan adanya mesin tempel ini, dapat mempermudah nelayan melakukan penangkapan ikan, tidak perlu pakai tenaga lagi untuk mendayung.

Meskipun bertahap, program tersebut tetap berlanjut, demi meningkatkan perekonomian masyarakat nelayan.

Untuk di Pulau Sinyaunyau, Mentawai, Kepala DKP bersama wakil gubernur Sumbar, Nasrul Abit pada 2017, telah turun ke pulau terluar itu. Di sana, ibu-ibu juga turun ke laut, dengan menggunakan sampan dayung.

DKP juga telah membantu nelayan Pulau Sinyaunyau, Mentawai dengan mesin tempel. (hms-sumbar)

TerPopuler