Bupati Sri Mulyani Pantau Penyaluran BLT DD di Gantiwarno -->

Bupati Sri Mulyani Pantau Penyaluran BLT DD di Gantiwarno

Rabu, 15 Juli 2020, 21:03
Penyerahan BLT DD di Desa Muruh. (foto.cahyo)

Klaten, Rakyatterkini - Ratusan warga di 6 desa se-Kecamatan Gantiwarno mulai menerima bantuan langsung tunai (BLT) dana desa (DD) tahap kedua.

Penyerahan bantuan yang berlangsung di aula balai desa setempat turut dihadiri Bupati Klaten Sri Mulyani didampingi sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Klaten, Rabu (15/7/2020).

Enam desa yang dikunjungi bupati yaitu, Desa Muruh, Desa Sawit, Desa Baturan, Desa Kragilan, Desa Jogoprayan dan Desa Karangturi.

Menurut Bupati, pemberian bantuan dari pemerintah pusat, pemerintah kabupaten dan pemerintah desa merupakan bukti keseriusan pemerintah untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19.

‎Bupati menjelaskan, Pemkab Klaten telah melakukan refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19 sebesar Rp220 miliar.

Menurutnya, angka tersebut akan memberi efek kurang menyenangkan bagi masyarakat seperti jalan-jalan rusak yang seharusnya diperbaiki tahun ini terpaksa ditunda pada tahun depan.

"Sarana dan prasarana yang seharusnya dikerjakan dan diselesaikan tahun ini sementara kami tunda hingga tahun depan," jelas Sri Mulyani.

Bupati menjelaskan, untuk bantuan keuangan khusus (BKK) kepada kepala desa tidak ada yang dilakukan refocusing.

"Dana BKK tetap akan kami kucurkan sesuai dengan ajuan," katanya.

Bupati mengatakan, jumlah warga se-Kecamatan Gantiwarno ada sebanyak 14.311 kepala keluarga (KK).

Menurutnya, warga yang sudah mendapatkan bantuan ada12.247 kepala keluarga atau 45,57 persen.

"Warga yang belum menerima masuk kategori orang mampu, ASN, TNI, Polri, perangkat desa, kepala desa dan pensiunan," kata Bupati Sri Mulyani. (cahyo)

TerPopuler