Wartawan Polda Ikuti Rapid Test, Ini Hasilnya -->

Wartawan Polda Ikuti Rapid Test, Ini Hasilnya

Jumat, 19 Juni 2020, 14:31
Wartawan mengisi data diri sebelum mengikuti rapid tes. (foto ist)

Padang, Rakyatterkini - Sebanyak sembilan wartawan yang biasa mangkal di Mapolda Sumbar mengikuti rapid test yang digelar di RS Bhayangkara, Padang, Jumat (19/6/2020) pagi.

Rapid tes bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan para jurnalis, di tengah pandemi Covid-19 yang masih merebak di wilayah Indonesia.

Ketua Forum Wartawan Kriminal Sumatera Barat, Guspa Caniago mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi pada Polda yang telah memfasilitasi wartawan untuk melakukan rapid tes.

Sebagai garda terdepan dalam menyampaikan informasi pada masyarakat, jurnalis juga sangat rentan terhadap penyebaran Covid-19, karena setiap hari mereka berhadapan dengan narasumber yang memiliki latar belakang berbeda, termasuk OTG dan PDP.

Dengan adanya rapid test yang difasilitasi Bidang Humas Polda, bisa memberikan ketenangan pada wartawan, bahwa dirinya aman dari penyebaran virus Corona.

Memang tidak semua wartawan yang mengikuti rapid test, ini merupakan kesadaran dan keinginan sendiri untuk mengantisipasi sejak dini.

Kepada kawan-kawan yang menjalani tugas di lapangan, diharapkan tetap menerapkan protokol kesehatan, pakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun.

"Kami ucapkan terimakasih pada Polda, dalam hal ini Bidang Humas, mudah-mudahan kegiatan ini dapat berlanjut dengan bila perlu ditingkatkan ke swab, "harap Guspa.

Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol. Satake Bayu, didampingi Karumkit Bhayangkara, Kompol Andre dan AKP Henwel menuturkan dalam rangka Hari Bhayangkara ke-74, Polda Sumbar mengajak wartawan untuk melakukan rapid test.

"Ini sebagai bentuk kepedulian kita (Polda) terhadap rekan-rekan media, yang mana wartawan berhadapan langsung dengan masyarakat, "ujar Satake.

Dikatakan, hasil rapid tes yang dilakukan Tim Medis RS Bhayangkara itu terhadap wartawan, semuanya negatif. "Kita bersyukur hasil tesnya semuanya negatif".

Dalam rangka HUT Bhayangkara ke-74, kegiatan lainnya yang telah dilaksanakan Polda seperti bakti sosial, pemberian sembako, donor darah dan kegiatan lainnya.

Penting diketahui kondisi kesehatan wartawan atau media ini karena mereka berhadapan dengan banyak orang untuk menyampaikan informasi Covid-19 setiap hari.

Tentu mobilitas mereka juga tinggi dan ketemu banyak orang. Semoga tetap sehat dan semangat melawan Covid-19.

Untuk itulah, Satake mengimbau seluruh jurnalis yang melakukan peliputan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari wabah Covid-19.

"Tetap jaga kesehatan, ikuti protokol kesehatan yang ada dan tetap semangat menjalankan tugas, "kata Satake. (gp)

TerPopuler