Warga Desa Senden dan Desa Duwet Kecamatan Ngawen Terima BLT DD -->

Warga Desa Senden dan Desa Duwet Kecamatan Ngawen Terima BLT DD

Selasa, 23 Juni 2020, 16:56
Penyerahan BLT DD di Desa Duwet. (foto cahyo)

Klaten, Rakyatterkini - Sejumlah pemerintah desa di Kecamatan Ngawen, Kabupaten Klaten mulai menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) dana desa (DD) tahap kedua.

Dua desa diantaranya yaitu Desa Senden dan Desa Duwet.‎ Penyerahan bantuan berlangsung di aula balai desa setempat, Selasa (23/6) pagi hingga siang.

Di Desa Senden, bantuan diberikan kepada 30 keluarga penerima manfaat (KPM).

Kepala Desa Senden Satya Sugiyanto mengatakan, penerima bantuan lebih ditujukan kepada warga yang sudah menderita sakit menahun atau warga dengan usia menua.

Satya menambahkan, selain BLT DD, sebanyak 368 KPM di Desa Senden berhak atas bantuan sosial tunai (BST) dari Kemensos RI yang disalurkan melalui rekening Himbara atau kantor pos.

"Sebanyak 38 keluarga mendapat bansos dari provinsi. Sekitar 106 keluarga mendapat bansos kabupaten sementara 77 keluarga mendapat bantuan pangan non tunai (BPNT) perluasan," kata Satya.

Ia mengaku bantuan yang sudah digulirkan baik dari pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten sudah mampu mengcover warganya yang terdampak Covid-19

‎Sementara itu, di Desa Duwet BLT DD  menyasar 123 keluarga penerima manfaat (KPM).

Kepala Desa Duwet Harwadi mengatakan, BLT DD lebih ditujukan kepada masyarakat yang memenuhi 3 kriteria yaitu, warga yang kehilangan pekerjaan, orang yang sakit dan dikategorikan miskin.

"Warga kategori miskin dilihat dengan parameter dia mampu bekerja namun hasilnya hanya bisa untuk makan hari itu saja," kata Harwadi.

Menurutnya, ratusan warga penerima bantuan ditentukan oleh tim verifikasi yang berjumlah 17 orang.

"Hampir 95 persen warga desa yang membutuhkan sudah bisa dicover dengan bantuan yang diterima baik dari pemerintah pusat, kabupaten maupun desa," pungkasnya. (cahyo)

TerPopuler