SIM Gratis, Ini Penjelasan Kasatlantas Polres Klaten -->

SIM Gratis, Ini Penjelasan Kasatlantas Polres Klaten

Rabu, 24 Juni 2020, 07:14
Layanan SIM di Polres Klaten. (foto.cahyo)

Klaten, Rakyatterkini - Berbagai program diluncurkan Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam memperingati HUT Bhayangkara ke-74.

Salah satunya dengan meluncurkan program pembuatan SIM (surat izin mengemudi) gratis bagi masyarakat pada tanggal 1 Juli 2020.

Program Korlantas Polri tersebut akan berlaku secara serentak di seluruh Polres se-Indonesia.

Kasatlantas Polres Klaten, AKP Bobby Anugrah Rachman mengatakan, program ini direncanakan akan digelar pada 1 Juli 2020 atau bertepatan dengan HUT Bhayangkara ke-74.

AKP Bobby menambahkan, layanan ini hanya berlaku bagi pemohon SIM C dan A yang lahir pada tanggal 1 Juli, baik untuk pemohon SIM baru maupun perpanjangan.

"Ini bukan SIM gratis namun SIM khusus. Pada tanggal tersebut (1 Juli) pemohon SIM tidak akan dipungut biaya pembuatan SIM yang masuk kategori PNBP (penerimaan negara bukan pajak)," jelas AKP Bobby saat dihubungi Rakyatterkini.com, Selasa (23/6).

Mantan Kasatlantas Polres Pekalongan itu menambahkan, biaya yang masuk kategori PNBP tersebut akan ditanggung oleh pihak sponsor dalam hal ini Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Untuk diketahui, mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), biaya pembuatan SIM A adalah Rp120 ribu, SIM C Rp100 ribu dan SIM D adalah Rp50 ribu.

AKP Bobby menambahkan, syarat lain yang harus dipenuhi dalam layanan SIM khusus ini adalah, memiliki e-KTP, memiliki surat keterangan sehat dan tes psikologi.

"Selain itu pemohon SIM baru juga wajib lulus dalam tes uji teori dan praktek. Sementara untuk pemohon perpanjangan SIM, syarat tersebut tidak berlaku," pungkasnya. (cahyo)

TerPopuler