Sekolah di Tanah Datar Persiapkan Sarana Kesehatan

Sekolah di Tanah Datar Persiapkan Sarana Kesehatan

Sabtu, 20 Juni 2020, 19:35
Persiapan sarana kesehatan sekolah yang dicek pejabat Pemkab dan Forkopimda. (ist) 

Batusangkar, Rakyatterkini -- Rencana awal sekolah yang dibuka pada 13 Juli 2020 mendatang belum pasti, hanya saja Pemkab Tanah Datar telah mempersiapkan dengan protokol kesehatan penanganan Covid-19 ditiap tingkat satuan pendidikan.

Dalam menyiapkan proses belajar mengajar (PBM) nantinya sejumlah sekolah dicek kesiapan sarananya oleh pejabat Pemkab, dinas terkait serta Forkopimda.

Kepala Dinas Dikbud Riswandi dihubungi pers, Sabtu (20/6), mengatakan istilah tatanan normal baru saat ini seharusnya tidak sampai disalahartikan pihak sekolah dan menyimpulkan virus ini telah berakhir, namun semua lebih waspada dengan melakukan protokol kesehatan.

Katanya, rencana PBM yang akan dilaksanakan pada 13 Juli 2020 belum final, karena sesuai ketentuan dari pemerintah pusat hanya bisa dilakukan bila daerah itu berada di zona hijau Covid-19. Sedangkan saat ini Sumbar masih belum masuk zona hijau.

"Pemkab tetap menyiapkan sarana di sekolah berdasarkan protokol kesehatan seperti tempat cuci tangan, alat pengukur suhu, cairan cuci tangan, serta spanduk imbauan percepatan penanganan Covid-19," ucap

Mengenai PBM,  Kepala SMA 1 Batusangkar Alfan menyatakan pihaknya sudah siap untuk membuka sekolah dan melaksanakan oroses itu di masa normal baru. 

Katanya, sistem pembelajaran tatap muka akan disesuaikan, misalnya untuk kelas X, XI dan XII dibagi dua hari untuk ke sekolah sehingga jumlah siswa di kelas bisa diatur dan  jarak antarsiswa. (ydi)

TerPopuler