Sawah Dihantam Air Pasang, Petani Gosooinan Mentawai Gagal Panen -->

Sawah Dihantam Air Pasang, Petani Gosooinan Mentawai Gagal Panen

Minggu, 21 Juni 2020, 07:41
Gagal panen, padi dihantam air pasang. (foto jaibi)

Mentawai, Rakyatterkini - Beberapa hektare sawah di Dusun Kalian, Desa Gosooinan, Sipora Utara, Kepulauan Mentawai, rusak parah akibat meluapnya air laut.

Padi yang hampir berbuah rata dengan tanah karena bencana tersebut. Air laut diduga luapan bergatinya musim di Kepulauan Mentawai.

Sorang warga Martinus (40) mengatakan, pasang naik  sekitar 3 minggu yang lalu,," kata Martinus kepada wartawan rakyatterkini.com, Sabtu (20/6/2020).

Akibat kejadian ia dan petani lainnya dipastikan akan merugi, pasalnya sebagian tanaman padi rusak sehingga dipastikan gagal panen.

"Kalau rugi sudah pasti. Karena memang lahannya ini sudah ditanami padi. Namun mau gimana lagi sudah terjadi. Kejadian ini sudah dicek langsung oleh pihak terkait," ungkapnya.

"Kami berharap pemerintah bisa memberikan solusi agar kejadian ini tidak lagi terjadi. Pasalnya lahan ini menjadi lokasi pertanian warga setempat," harapnya

Menurutnya sawah tersebut memang sudah siap panen, namun dari hasil pantauan, dijelaskannya, diperkirakan 30 persen padi masih bisa dipanen.

Ia menjelaskan air laut itu merupakan air laut ketika muncunya bulan Purnama sehingga air laut pun akan naik ke permukaan

Saluran irigasi juga rusak parah. Susel menuturkan pihaknya memang selama ini belum berkoordinasi dengan Dinas Pertanian dan Dinas Pekerjaan Umum untuk mengatasi masalah irigasi tersebut. (jaibi)

TerPopuler