Penyidik KPK Titipkan Penahanan Muzni Zakaria ke Polda Sumbar -->

Penyidik KPK Titipkan Penahanan Muzni Zakaria ke Polda Sumbar

Selasa, 02 Juni 2020, 15:59
Muzni Zakaria setelah tiba di Mapolda Sumbar. (foto ist)

Padang, Rakyatterkini - Bupati Solok Selatan non aktif, Muzni Zakaria, dititipkan di sel Mapolda Sumbar, setelah diantarkan penyidik KPK bersama kejaksaan, Selasa (2/6/2020).

Dia akan menjalani sidang di Pengadilan Negeri Tipikor Padang.

Direktur Tahanan dan Barang Bukti (Dirtahti) Polda Sumbar, AKBP Zulkifli Melaras kemarin menuturkan tidak ada perlakuan khusus selama penahanannya di Mapolda Sumbar.

Penahanan Muzni Zakaria juga mengikuti protap Covid-19, dan pada yang bersangkutan juga diminta surat keterangan bebas Covid-19.

Begitu juga berita acara penitipan dan tidak kalah penting surat perintah penahanan dari KPK.

Penahanan Muzni dititipkan ke Mapolda setelah Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK melimpahkan berkas perkaranya ke Pengadilan Negeri Tipikor Padang.

Menurut JPU KPK, Rikhi B Maghaz, sebelum ke PN Tipikor Padang, pihaknya langsung membawa Muzni Zakaria ke Rutan Polda Sumbar untuk dititipkan penahanannya.

Dikatakan, untuk bisa ke Padang, Muzni Zakaria telah melakukan rapid test dengan hasil negatif Covid-19.

Rapid test bisa diterima pihak otoritas BIM. Sementara dari pihak Bandara Soekarno-Hatta semuanya tidak ada masalah," ujarnya.

Terkait penahanan sepenuhnya menjadi kewenangan majelis hakim, dan Tim JPU akan menunggu penetapan jadwal persidangan dari Pengadilan Tipikor Padang.

Muzni Zakaria didakwa dengan pasal 12 huruf b UU Tipikor jo pasal 64 ayat (1) KUHP atau kedua pasal 11 UU Tipikor jo pasal 64 ayat (1) KUHP. (gp)

TerPopuler