Penerapan New Normal, BLH Agam Mulai Berbedah -->

Penerapan New Normal, BLH Agam Mulai Berbedah

Jumat, 19 Juni 2020, 21:57
BLH pangkas pohon pelindung. (foto ist)

Lubuk Basung, Rakyatterini.com - Penerapan new normal di kabupaten Agam, Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Agam, mulai berbenah dengan kembali melaksanakan berbagai kegiatan secara intensif.

Diantara kegiatan itu adalah mengintensifkan pemangkasan seluruh pohon pelindung berjenis mahoni yang tersebar di kawasan sekitar Kota Lubuk Basung.

“Saat ini, sekitar 200 lebih pohon pelindung telah dipangkas, Kami juga menurunkan sebanyak empat unit truk pengangkut sampah, satu unit alat pemotong dan 15 petugas K3,” kata Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Agam diwakili Kepala Bidang Pengendaliaan Sampah dan Limbah B3, Azwir di Lubuk Basung, Jumat (19/6).

Dijelaskannya, pemotongan dan penataan pohon pelindung menggunakan perangkat khusus itu dinilai cukup efektif, untuk mengantisipasi musibah. Pasalnya saat ini anomaly cuaca masih terjadi, termasuk mengurangi volume sampah.

“Pemotongan ini kita lakukan guna menata kawasan taman kota di seputar wilayah Lubuk Basung, yang diawali dengan pemangkasan dan pemotongan pohon pelindung yang mayoritas sudah sangat tinggi,” harapnya.

Bahkan sudah cukup banyak pohon pelindung yang mengganggu jaringan listrik dan telepon di beberapa titik, sehingga penataan dan pemotongan sudah sangat mendesak, agar tidak memicu gangguan terhadap pelayanan umum.

“Program penataan pohon pelindung itu, akan terus berlanjut sampai seluruh pohon pelindung itu tertata dengan baik, terutama di ruas jalan utama,” kata Azwir.

Penataan pohon pelindung itu dinilai efektif untuk mengantisipasi potensi masalah baru bagi masyarakat terutama tertimpa ranting yang telah lapuk bagi pengendara roda dua dan empat. (vn)

TerPopuler