Pemulihan Ekonomi di Masa New Normal, DPRD Agam Gelar Rapat dengan Mitra

Pemulihan Ekonomi di Masa New Normal, DPRD Agam Gelar Rapat dengan Mitra

Jumat, 19 Juni 2020, 07:30
Rapat kerja DPRD Agam. (foto ist)

Agam, Rakyatterkini.com — Ketua Komisi II DPRD Agam, Rizki Abdillah Fadhal pimpin rapat kerja dengan mitranya di aula Utama DPRD Agam, Kamis (18/6/2020).

Rapat itu membahas terkait strategi pemulihan ekonomi Kabupaten Agam pada masa new normal. Rapat yang dipimpin langsung oleh Ketua Komisi II didampingi Anggota Komisi Alhamdi Arif dan Asrizal.

Pada rapat itu terlihat hadir dari berbagai unsur diantaranya Dinas Pertanian, Dinas Koperasi UMKM Perindag serta Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan serta terlihat juga Kepala Bank Nagari Cabang Lubuk Basung, Tasman.

Dalam rapat itu Rizki Abdillah Fadhal mengungkapkan rapat itu dilaksanakan guna untuk membahas berbagai strategi dari dinas-dinas terkait paska pemulihan ekonomi di Kabupaten Agam.

Disisi lain Kepala Bidang Peningkatan Kapasitas dan Daya Saing Dinas Perinkanan dan Ketahanan Pangan, Hartini mengatakan yang banyak terkena dampak yakni penurunan produksi dari sektor budi daya ikan dan pengolahan. Hal itu disebabkan karena terjadinya penurunan pada pemasaran akibat wabah Covid-19.

“Dari segi pangan, Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan hanya menjaga ketersediaan pangan untuk masyarakat. Maka strategi yang bisa kita laksanakan pada masa new normal dengan banyaknya usaha-usaha kecil yang fakum, yang perlu kita perkuat adalah pemasarannya. Tentu ini butuh modal, untuk itu kita berharap ada penyediaan penjamanan modal dengan bunga yang rendah,” jelasnya.

Terkait dengan Dinas Pertanian, Sekretaris Dinas Pertanian Emrizal juga menyebut permasalahan yang terjadi pada hasil tani adalah pemasarannya. Hal itu karena banyaknya penurunan penjualan pada hasil-hasil pertanian. Namun begitu, Ia menyebutkan untuk produksi pangan meningkat di Kabupaten Agam.

Sementara itu, Kepala Bank Nagari Cabang Lubuk Basung, Tasman mengatakan pihaknya akan mensupport program-program pemerintah dalam pemulihan ekonomi di Kabupaten Agam.

“Kami siap memberikan support kepada program-program pemerintah daerah untuk pemulihan ekonomi di Agam. Selain itu kami siap mensupport Pemda dalam menggandeng UMKM untuk meningkatkan produksinya,” jelasnya.

Ketua Komisi II DPRD Agam berharap Bank Nagari dapat mensuppor masyarakat dalam pemulihan ekonomi di masyarakat sehingga dapat kembali seperti semula. (vn)

TerPopuler