Pemdes Pasung Wedi Gulirkan Program Padat Karya Tunai -->

Pemdes Pasung Wedi Gulirkan Program Padat Karya Tunai

Selasa, 02 Juni 2020, 10:46
Seorang penerima BLT. (foto cahyo)

Klaten, Rakyatterkini - Berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Desa (Pemdes) Pasung, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten untuk membantu masyarakat terdampak Covid-19.

Selain memberikan bantuan langsung tunai (BLT) kepada 82 keluarga penerima manfaat (KPM), pemberian bansos dari provinsi dan kabupaten, pemerintah desa juga menggulirkan program padat karya tunai.

‎Kepala Desa (Kades) Pasung Sumarsono mengatakan, program padat karya tunai ditujukan bagi masyarakat terdampak pandemi Covid-19.
"Program ini mampu untuk membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat. Program ini juga untuk menjaga daya beli masyarakat di tengah pandemi corona," jelasnya disela-sela kegiatan pemberian BLT di aula balai desa setempat, Minggu (31/5) siang.‎

‎Pria yang akrab disapa Ambon ini mengatakan, bicara Covid-19 tidak hanya bicara tentang BLT saja namun juga bicara terkait pencegahan.‎

Menurut Ambon, pemerintah desa tidak menyalurkan BLT dengan anggaran maksimal karena pihaknya juga harus memikirkan hal lainnya terkait pencegahan penyebaran Covid-19.

"Anggaran yang disalurkan juga tidak kami maksimalkan. Sisa dana dari anggaran yang 25 persen kami siapkan bila suatu saat akan digunakan untuk pencegahan Covid-19 seperti untuk membeli hand sanitizer, disinfektan, membeli APD untuk penyemprotan dan juga untuk menyiapkan rumah isolasi," jelasnya.

Menurut Kades Pasung, program padat karya tunai mampu merekrut tenaga kerja yang berasal dari warga desa.

"Kemarin kami mampu mengerahkan satu RW sekitar 15 orang. Jadi kalau satu desa bisa sekitar 160 warga yang bisa diberdayakan melalui program padat karya tunai," jelasnya.‎

Menurut Kades, program padat karya tunai lebih efektif dibanding dengan memberikan bantuan langsung tunai.

"Program padat karya tunai bisa untuk pemberdayaan masyarakat. Program ini juga untuk mendidik masyarakat agar tidak mengandalkan bantuan saja," katanya.

Menurutnya, berbagai program padat karya tunai yang sudah berjalan seperti, membersihkan jalan-jalan lingkungan, pembuatan kolam pemancingan dan pembuatan jalan baru.

Kades Pasung Sumarsono berharap semua upaya yang sudah dilakukan pemerintah desa bisa bermanfaat bagi masyarakat dalam menghadapi era new normal. (cahyo)

TerPopuler