Panorama Bukit Gadang Salimpaung Memikat, Punya Potensi Paralayang -->

Panorama Bukit Gadang Salimpaung Memikat, Punya Potensi Paralayang

Selasa, 23 Juni 2020, 06:10
Persiapan atlet paralayang disaksikan pengunjung di Bukit Gadang Salimpauang. (foto ist)

Batusangkar, Rakyatterkini - Kawasan Bukit Gadang di Jorong Nan IX Nagari Salimpaung tak hanya menjanjikan panorama alam menarik, namun juga cocok bagi olahraga aero sport  atau paralayan.

Atlet senior juga pelatih paralayang Kabupaten Solok, Aldi Mustika telah mencoba trek ini dengan klub paralayang Alang Parapente Saningbaka.

Ia datang bersama penghobi paralayang lainnya dari Lima Puluh Kota dan Padang.

Aldi menyebut trek ini sudah lama dicari-cari hanya di Tanah Datar ketemu dan memang tidak mengecewakan. Mengetahui setelah melihat kiriman video kawannya di media sosial.

“Bukit Gadang tempat ini unik, istimewa dan menantang penerbang yang suka cross country (lintas alam), uniknya karena potensi pembentukan thermal cocok untuk melakukan aktivitas terbang cross country, tantangannya karena tempat ini punya potensi thermicnya bagus,” jelasnya.

Aldi berharap Pemkab Tanah Datar bisa memajukan wisata paralayang sebagai wisata tambahan yang bisa menghidupkan perekonomian masyarakat.

Ha yang sama diutarakan Reymond dari 50 Kota juga menuturkan pengalaman saat terbang di atas Bukit Gadang yang menyenangkan. Ia bisa terbang sekitar 30 menit, dapat angin yang sedikit berisi serta pantulan angin dari dinding bukit sehingga membuat parasut semakin terbuka, kemudian mendarat kembali dengan mulus di atas Bukit Gadang

Pengelola lokasi melalui Bidang Promosinya Masriwal saat dihubungi, Senin (22/6) mengatakan dengan ketinggian puncak Bukik Gadang dan hamparan persewahan di kakinya, serta didukung putaran angin membuat penggemar paralayang ingin menguji coba lapangannya.

"Penggemar paralayang telah ramai dan terlihat senang menikmati kawasan ini," kata Masriwal.

Ia menyebut terlihat potensi wisata perbukitan ini sejak mulai dibuka pemuda bersama masyarakat beberapa tahun terakhir.

"Pemandangannya eksotis dan menawan serta sangat menyegarkan karena bisa menikmati persawahan dan hijaunya perpohonan dilatar bawah" katanya.

Walaupun perjuangan menuju puncak bukit ditempuh dengan jalaur jalan menanjak dan berliku. Masyarakat mulai berdatangan menyaksikan.

Decak kagum pun disampaikan  Wabup Zuldafri Darma yang datang ke sana kamarin. Ia menyatakan bahwa kawasan ini punya panorama alam luar biasa, sangat kaya, dan indah.

Didampngi Camat Salimpaung Abramis Yuzi dan Ketua KONI Tanah Datar, Doni Eka Putra, Wabup meyakini panorama Bukit Gadang kelak akan menjadi sumber pendapatan baru nagari. Kendati, ini masih tahap awal, tahap uji coba.

Sementara, Walinagari Salimpaung Marjohan didampingi Walijorong Nan IX Multa Ekris mengatakan, jalan cor menuju puncak Bukit Gadang mulai dibangun tahun 2019 dan tahun 2020 ini juga sudah dianggarkan pembenahan lokasi melalui dana nagari namun ditunda akibat wabah Covid-19.

Katanya, pemerintah nagari menyokong secara positif kegiatan pemuda yang sudah menggagas panorama Bukit Gadang sebagai objek wisata. (ydi)

TerPopuler