Objek Wisata Rumah Gadang Talu Mulai Dibuka

Objek Wisata Rumah Gadang Talu Mulai Dibuka

Selasa, 09 Juni 2020, 07:12
Forkopimda Pasaman Barat tiba di Rumah Gadang Tuanko Bosa Talu. (foto robbisam)

Pasaman Barat, Rakyatterkini - Objek wisata budaya Rumah Gadang Talu di perkampungan Koto Dalam Jorong Patomuan, Talamau, Pasaman Barat, Sumatera Barat dibuka kembali, setelah beberapa waktu lalu ditutup untuk umum.

Jajaran Forkopimda Pasaman Barat, Bupati Yulianto, Dandim 0305 Pasaman Letkol Inf Ahmad Aziz, Kapolres Sugeng Hariyadi, berkunjung ke Rumah Gadang Tuanku Bosa XIV.

Silaturrahmi tersebut juga sebagai tanda dibukanya rumah gadang sebagai objek wisata, pada Senin (8/6/2020).

dr. Fadlan Maalip Tuanku Bosa Talu menyampaikan setelah tutup selama dua setengah bulan sesuai dengan rencana pemerintah dengan new normal, rumah gadang Talu mulai dibuka untuk umum, karena Talu dan Pasbar zona hijau.

"Alhamdulillah, diadakan syukuran Pasbar zona hijau dan Rumah Gadang resmi dibuka kembali.  Sekalian perkenalan dengan Kapolres dan Dandim Pasaman, kata Tuanku Bosa.

Namun yang penting arahan bupati mendukung agar turun ke sawah dua kali setahun yang tahun serempak 100 %  dan berkebun 1 Ha setiap keluarga. "InsyaAllah hasil tani sukses mengangkat ekonomi Rang Talu, "ujar Tuanku Bosa.

Bupati Pasbar Yulianto menyampaikan saat ini semua lini memasuki tatanan kehidupan baru setelah beberapa waktu melewati hal yang sulit. Tuanku Bosa XIV Fadlan Maalip tokoh adat yang banyak mengukir prestasi di kabupaten Pasbar dan juga berkiprah di provinsi Jambi.

Tuanku Bosa XIV Fadlan Maalip adalah tokoh yang memiliki peran besar dalam pembangunan di Kabupaten Pasaman Barat dan masyarakat Talu khususnya.

Pengaruh Tuanku Bosa ini kepada masyarakat sangat besar, bisa merubah petani Talu yang biasanya bersawah satu kali setahun, sekarang sudah bisa dua kali setahun, papar Yulianto.

Tatanan kehidupan baru dengan standar Covid-19 di wilayah Kabupaten Pasaman Barat untuk menghidupkan kembali kegiatan-kegiatan selama ini terhenti oleh Covid-19. Sekarang saatnya Pasbar kembali bergeliat di segala lini dengan standar Covid 19. (Robi)

TerPopuler