New Normal, Dinas Arsip dan Perpustakaan Kembali Terima Pengunjung

New Normal, Dinas Arsip dan Perpustakaan Kembali Terima Pengunjung

Sabtu, 20 Juni 2020, 19:24
Pengunjung membaca di ruangan bacaan. (foto ist)

Agam, Rakyatterkini.com - Masih dalam suasana penerapan new normal di Kabupaten Agam, Dinas Arsip dan Perpustakaan kembali menerima para pembaca dan peminjam buku dari berbagai kalangan dengan tetap memberlakukan protokol covid.

Kasi Layanan Perpustakaan, Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Agam Suryani,  mengatakan kepada rakyatterkini.com, Sabtu (20/6/2020). 

"Kami kembali membuka layanan kunjungan pembaca dan peminjaman buku diperpustakaan daerah Agam ini, kemaren paska pandemi covid 19 kita sempat tutup, namun setelah penerapan masa new normal ini , kami kembali buka dengan tetap menerapkan protokol covid, " katanya menjelaskan.
 
Suryani menjelaskan diberlakukannya fase new normal ini, merupakan kabar gembira bagi kalangan yang gemar membaca dan cinta pustaka.

"Untuk layanan baca kita tetap buka cuma kita batasi, tidak boleh rame-rame, tetap jaga jarak dan pakai masker serta jangan lupa untuk selalu cuci tangan, "kata Suryani lagi.

Saat ini jumlah kunjungan berkisar 50% dibanding sebelum pandemi covid. Karena memang untuk pengunjung tetap dibatasi hingga kondisi benar-benar normal.

Lebih lanjut Kasi Layanan Perpustakaan itu mengatakan koleksi buku perpustakaan saat ini lengkap dan banyak buku- buku baru, bagi para pengunjung diperbolehkan meminjam buku sebanyak dua buah buku, dengan persyaratan" telah memiliki kartu keanggotaan.

"Kami membolehkan pengunjung meminjam dua buah buku selama 1 minggu, setelah masa itu pengunjung diwajibkan untuk mengembalikannya" katanya lagi.

Walau membaca di lokasi perpustakaan  saat ini di batasi, untuk peminjam tidak kami batasi, para pengunjung datang dan silahkan mengisi buku tamu dan kemudian diarahkan langsung memilih buku sesuai kebutuhan,.

Setelah buku yang dimaksud ditemukan pengunjung disegerakan mencatatkan buku kepada petugas perpustakaan dan selanjutnya disilahkan  untuk pulang.

Ke depan seiring berjalan waktu dan pandemi covid 19 berlalu, kami berharap pengunjung bertambah banyak, dan kunjungan saat ini didominasi dari kalangan pelajar, jelasnya mengakhiri. (vn)

TerPopuler