Mengatasi Kepunahan Ikan Bilih, DKP Sumbar Buat Kawasan Konservasi -->

Mengatasi Kepunahan Ikan Bilih, DKP Sumbar Buat Kawasan Konservasi

Sabtu, 27 Juni 2020, 14:15
Ikan bilih kering.

Padang, Rakyatterkini - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar melakukan berbagai upaya untuk melestarikan ikan bilih di Danau Singkarak. Di antaranya membuat atau menetapkan kawasan suaka (reservat).

Di kawasan itu, masyarakat tidak dibolehkan melakukan aktivitas penangkapan. Ini bertujuan agar ikan bilih dapat berkembang kembali.

Menurut Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar, Ir. Yosmeri, untuk memperkuat kelembagaan kelompok masyarakat pengawas di selingkar Danau Singkarak, pihaknya telah melakukan pengawasan dan penertiban alat tangkap bagan secara berkala dengan tim terpadu

Kawasan konservasi ini juga sebagai percontohan bagi masyarakat, agar tidak menangkap ikan dengan peralatan yang dilarang pemerintah.

Ekosistem ikan bilih akhir-akhir ini terancam punah. Pemerintah Provinsi Sumbar, melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) telah melakukan berbagai upaya, di antaranya, menertiban bagan yang sering beroperasi di Danau Singkarak serta membuat konservasi atau reservat.

Konservasi itu untuk pemulihan ikan bilih yang sudah mulai punah di Danau Singkarak.
"Ya, kita juga membuat konservasi, agar ikan bilih dapat berkembang lagi, "ujar Yosmeri, beberapa hari lalu. (hms-sumbar)

TerPopuler