Masa Reses II, Anggota DPRD Agam Tampung Aspirasi Masyarakat Tilatang Kamang

Masa Reses II, Anggota DPRD Agam Tampung Aspirasi Masyarakat Tilatang Kamang

Minggu, 14 Juni 2020, 10:02
Anggota DPRD Agam Dapil III reses di Kecamatan Tilatang Kamang. (foto ist)

Agam, Rakyatterkini.com - Anggota DPRD Agam Dapil III melaksanakan reses ke Kecamatan Tilatang Kamang, Jumat (12/6), diikuti ketua DPRD Agam, Novi Irwan, didampingi Syafrudin, Mardanis, Edwar, Fairisman dan Hendrizal.

Kunker anggota DPRD Agam dari Dapil III memanfaatkan masa reses persidangan II tahun 2020 itu, diterima camat Tilatang Kamang, Ade Harlien bersama para walinagari dan tokoh masyarakat setempat di aula kantor camat di Pakan Kamih.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Novi Irwan, menjelaskan untuk anggaran APBD Agam tahun 2020 akan direfocusing untuk mendukung percepatan penanganan pandemik covid-19, sehingga tahun ini anggaran kegiatan pembangunan fisik banyak yang tidak terlaksana, termasuk pokir anggota dewan.

Dalam sesi dialog, cukup banyak aspirasi dan harapan yang disampaikan tokoh masyarakat Tilatang Kamang yang berharap, DPRD Agam mencarikan solusi untuk tetap melaksanakan berbagai kegiatan pembangunan sarana pisik yang sangat dibutuhkan masyarakat.

Seperti disampaikan Ketua Bamus Nagari Koto Tangah, Datuak Majo meminta normalisasi Sungai Batang Agam, karena kalau tidak dinormalisasi, potensi banjir semakin besar. Secara bertahap normalisasi yang dilakukan BWS propinsi dan bantuan pusat selama tiga tahun ini sudah sampai di perbatasan Salo Kamang Magek.

Anggota Bamus Kapau, Maison meminta di Nagari Kapau dibuat objek pariwisata untuk menunjang perekonomian Nagarai Kapau. Ketua Bamus Gadut Datuak Pangulu Sati meminta untuk ditambah tunjangan di Bamus tahun depan agar nantinya dapat menunjang kegiatan.

Menanggapi hal itu, Novi Irwan merespon positif berbagai aspirasi dan masukan masyarakat yang menurutnya akan segera ditindaklanjuti dengan pembahasan bersama pemerintah.

”Kita pisahkan dulu mana yang tanggung jawab provinsi dan mana tanggung jawab kabupaten, jika nanti memang itu kewenangan provinsi maka kami akan mendorong provinsi untuk melakukannya, yang pastinya kita akan berusaha maksimal agar harapan masyarakat dapat terwujud, ” jelas Novi Irwan terkait dengan masalah normalisasi sungai di Nagari Koto Tangah.

Pada momen tersebut, Novi Irwan tetap mengingatkan masyarakat untuk mentaati protokol penanganan covid-19, karena saat ini era new normal, membutuhkan peran warga secara utuh, “ selalu pakai masker, rajin cuci tangan dengan sabun dan jaga jarak, “ulas Ketua DPRD Agam itu. (vn)

TerPopuler