LKPj Bupati, DPRD Tanah Datar Sampaikan Catatan Strategis -->

LKPj Bupati, DPRD Tanah Datar Sampaikan Catatan Strategis

Selasa, 02 Juni 2020, 22:19
DPRD Tanah Datar gelar sidang paripurna melalui video conference. (foto ist)

Batusangkar, Rakyatterkini - DPRD Tanah Datar telah menyampaikan catatan strategis atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) tahun anggaran 2019 dalam sidang paripurna melalui video conference dari rumah bagonjong Pagaruyung.

"Catatan strategis lebih banyak berupa rekomendasi, saran, dan masukan terhadap program atau kegiatan Pemkab selama setahun anggaran dilaksanakan organisasi perangkat daerah, "ungkap Wakil Ketua DPRD Saidani, Selasa (2/6/2020).

Sebelumnya, sidang paripurna dipimpin Ketua DPRD Tanah Datar, Rony Mulyadi Dt Bungsu didampingi Wakil Ketua Saidani dan dihadiri 15 anggota dewan.

Didengar langsung Bupati Irdinansyah Tarmizi, Sekdakab Irwandi, pejabat Pemkab di ruang kerja bupati gedung Indojolito pada Rabu (20/5) lalu.

Saidani  menyebut  hasil rumusan catatan strategis dewan ini bersumber dari pembahasan  Pansus hingga pengecekan ditiap bidang dimana sedikitnya ada 30 catatan disampaikan.

Menurutnya, rekomendasi dewan ini diharapkan menjadi pegangan bagi bupati untuk memperbaiki kinerja pemerintah daerah di masa yang akan datang dan bagi DPRD sendiri sebagai dokumentasi pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan.

Dari keseluruhan catatan strategis dewan merekomendasikan Pemkab dalam melaksanakan program harus merujuk pada prinsip efektif, efisien, dan ekonomis, sehingga penggunaan anggaran dapat dilaksanakan dengan baik dalam mendukung visi dan misinya.

Dewan meminta agar Pemkab dapat meningkatkan kinerja dalam merencanakan kegiatan benar-benar dapat terealisai dan dapat dimanfaatkan langsung oleh masyarakat.

Diharapkan agar catatan strategis DPRD betul-betul diperhatikan, ditindaklanjuti untuk perbaikan dan koreksi penyelenggaraan pemerintahan.

Bupati Irdinansyah Tarmizi menyatakan terimakasih atas semua rekomendasi tersebut yang bermamfaat untuk kemajuan daerah ini.

Dikatakan, kekurangan dan kelemahan yang ada merupakan tanggung jawab pimpinan daerah yang memegang amanah dari rakyat  dalam pelaksanaan program selama setahun, yang selalu diupayakan untuk mendapatkan hasil yang maksimal bagi kepentingan masyarakat.

Ia memerintahkan agar OPD untuk menindaklanjuti rekomendasi DPRD secara bersama sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. (ydi)

TerPopuler