Lestarikan Ikan Puyu, DKP Sumbar Lakukan Pembenihan

Lestarikan Ikan Puyu, DKP Sumbar Lakukan Pembenihan

Minggu, 14 Juni 2020, 19:15
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar, Yosmeri.

Padang, Rakyatterkini - Menjaga kelestarian ikan Puyu dan Nila, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar melakukan pembenihan agar ikan ini tetap memenuhi selera kuliner masakan Padang yang saat cukup populer dalam wisata kuliner.

"Iya, kita akan melakukan pembenihan ikan Puyu, agar kelestarian ikan itu tetap terjaga, "ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar, Ir.Yosmeri.

Selain itu, pihaknya juga melakukan restoking atau penebaran bibit ikan kembali di Batang Kuranji. Sebanyak 10.000 ekor bibit ikan yang terdiri ikan Nila 5.000 ekor dan ikan Papuyu 5.000 ekor dilepas di sungai itu.

Ini merupakan bentuk kepedulian Pemprov Sumbar dan upaya untuk memenuhi konsumsi ikan masyarakat Kuranji. Sebab, ikan yang ditebar di danau tidak dapat dimanfaatkan secara bebas oleh masyarakat, dengan syarat penangkapan ikan tidak boleh menggunakan racun atau putas maupun disentrum dan sejenisnya.

Yosmeri mengatakan bantuan bibit ikan ini diharapkan dapat menambah populasi ikan di Kuranji, sekaligus upaya kita melestarikan jenis ikan puyu ini.

Dari wikipedia didapat, ikan Puyu ini disebut ikan Betok adalah nama sejenis ikan yang umumnya hidup liar di perairan tawar. Ikan ini juga dikenal dengan beberapa nama lain seperti bethok atau bethik.

Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai climbing gouramy atau climbing perch, merujuk pada kemampuannya memanjat ke daratan. (hms-sumbar)

TerPopuler