Komisi I Sorot Kekurangan Ribuan ASN di Pemko Padang -->

Komisi I Sorot Kekurangan Ribuan ASN di Pemko Padang

Senin, 29 Juni 2020, 16:55
Ketua Komisi I DPRD, Ely Thrisyanti.

Padang, Rakyatterkini - Pemko Padang kekurangan kekurangan ribuan aparat sipil negara (ASN), mulai dari jabatan fungsional, struktural. Kekosongan itu harus diisi agar kinerja aparatur berjalan dengan baik.

Kekurangan ASN itu disorot oleh Ketua Komisi I DPRD Padang Elly Thrisyanti, dalam rapat dengan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Padang, Senin (29/6/2020).

Dikatakan, berdasarkam rapat dengan BKPSDM, diketahui Kota Padang kekurangan 8 ribuan lebih tenaga kerja atau ASN.

"Saat ini, kita di Kota Padang kekurangan 8 ribu lebih pegawai. Diminta Pemko melalui BKPSDM, bahwa tidak mungkin itu dibiarkan kekosongan-kekosongan itu," ujarnya.

Untuk itu, kata Elly lagi, Komisi I meminta cetak biru dan role model formasi atau penanganan kekuarangan ASN tersebut.

"Makanya, kita blueprint-nya. Ada tidak role model formasi atau penanganan kekurangan ASN ini. Bagaimana evaluasi yang dilakukan BKPSDM terhadap ASN yang ada sekarang. Misalnya, ASN yang ada di dinas tertentu, bisa tidak dipindahkan ke kelurahan," ujarnya.

Elly juga menyoroti pergantian Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Padang.

Pergantian kepala dinas yang cepat. Terkadang belum beberapa bulan, sudah dipindahkan. Itu kan mengurangi efektivitas kerjanya. Kadang-kadang dia punya konsep, tetapi karena dipindahkan, konsep itu tidak terlaksana.

Ada juga, ASN yang dikirim untuk pendidikan, namun setelah pendidikan, dia tidak ditempatkan di bidang itu. "Ini kan tak sesuai dengan tujuan dia dikirim untuk mengikuti pendidikan, "timpal Ely. (gp)

TerPopuler