Kejari Tanah Datar Musnahkan Barang Bukti Narkoba

Kejari Tanah Datar Musnahkan Barang Bukti Narkoba

Selasa, 16 Juni 2020, 16:33
Pemusmahan barang bukti narkoba di Kejari Tanah Datar. (ist)

Batusangkar, Rakyatterkini - Kejaksaan Negeri Tanah Datar musnahkan barang bukti narkoba yang disita selama setahun.

Pemusnahan dilakukan Kajari Tanah Datar, Hardijono Sidayat pada kantornya di Pagaruyung, Selasa (16/6/2020).

Barang bukti perkara kasus tindak pidana penyalagunaan narkoba, perkara Orang dan Harta Benda (Oharda), Keamanan Negara dan Ketertiban Umum (Kamnegtibum), serta Tindak Pidana Umum Lain (TPUL).

Pada kesempatan itu, Kajari mengatakan pemusnahan barang bukit berupa narkoba menjadi perhatian serius bagi  semua, bukan maksud untuk seremonial belaka, tapi menunjukkan sangat peduli dengan pemberantasan dan penyalahgunaannya.

Hardijono Sidayat melakukan pemusnahan bersama Wabup Zuldafri Darma, Ketua DPRD Rony Mulyadi, Forkopimda, pejabat Pemkab, serta pejabat dan jaksa Kejari.

Menurut Hardijono, beberapa tahun ini terjadi peningkatan jumlah perkara dan konsumtif narkoba di daerah ini.

Ia menuturkan grafik peningkatan pada 2015 ada sebanyak 13 perkara, 2016 sebanyak 29 perkara dan 2017 sebanyak 31 perkara.

Pemusnahan BB Narkotika telah berkekuatan hukum tetap (inkracht) selama Juni 2019 sampai Juni 2020 adalah sebanyak 58 perkara dengan rincian sabu dengan berat 295,26 gram, Ganja Kering seberat 3.900 gram serta barang temuan ganja dari Polres Tanah Datar seberat 4.340 gram.

Atas kasus ini, Zuldafri Darma menyatakan daerah yang memiliki falsafah Adat Basandi Syarak, Syarak basandi Kitabullah (ABS-SBK) alangkah tidak baik menjadi tempat berkembangnya penggunaan narkotika yang merusak generasi muda.

Untuk ini, ia meminta agar semua komponem bersama bergerak dengan aparat hukum untuk menunjukan kepedulian agar kasus ini bisa berkurang masa datang. (ydi)

TerPopuler