Kebijakan Bupati, Mentawai Jalankan Pra New Normal

Kebijakan Bupati, Mentawai Jalankan Pra New Normal

Senin, 08 Juni 2020, 22:45
Bupati Yudas Sabaggalet dalam jumpa pers.

Mentawai, Rakyatterkini - Menghadapi new normal, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai tak mau buru-buru mengambil kebijakan. Namun pihaknya akan menjalankan pra new normal terlebih dahulu atau persiapan sebelum dilaksanakan new normal ke depan.

Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet mengatakan pihaknya sudah mengambil langkah penerapan new normal, namun harus mempersiapkam segala sesuatunya sebelum d terapkannya aturan tersebut, kata bupati dalam jumpa pers kepada awak media, Senin (8/6/2020).

"Kita sudah melakukan konfirmasi dengan gubernur bahwa Mentawai belum siap melaksanakan new normal, "ujar bupati.

Dikatakan, sebelum adanya new normal atau tatanan hidup baru, Pemkab mengambil waktu selama dua belas hari. "Selama pra new normal kita harus mempersiapkan, seperti tenaga kesehatan yang siap melaksanakan tugas secara profesional di tiga pulau."

Persiapan jelang new normal tersebut harus maksimal dilakukan, sehingga pada saat new normal diterapkan tenaga medis dan masyarakat sudah siap menghadapi itu, terang Yudas.

Disebutkan, ada beberapa alasan mengapa Kabupaten Kepulauan Mentawai belum siap menerapkan new normal yang mana salah satunya persiapan secara totalitas, seperti tenaga medis yang belum maksimal serta manajemen yang baik.

Termasuk kondisi kepulauan yang jaraknya terpisah dari pulau ke pulau pusat kabupaten, maka dari itu perlu persiapan matang sebelum new normal diberlakukan.

Persiapan tersebut terhitung dari 8 hingga 20 Juni mendatang selama 12 hari, selama jangka waktu tersebut semua persiapan harus siap dan sedia seperti tenaga medis yang profesional terlatih di bidang Covid-19 di tiga pulau yang ada.

Menurutnya, semuanya mesti harus berjalan dengan lancar, sebab bisa jadi yang menjadi kendala pada warga ketika diberlakukannya new normal, bisa bisa tidak dapat dikendalikan, untuk itu semuanya perlu dilakukan persiapan secara matang dan maksimal, tegas Bupati.

Yudas mengimbau, setelah persiapan pada 20 Juni ke depan masyarakat Mentawai harus menerima aturan yang diterapkan pada new normal.

Sementara Juru bicara Kebijakan Covid-19 Kabupaten Kepulauan Mentawai, Serieli BW menyebutkan, pada new normal semua transportasi sudah bisa dilonggarkan. Termasuk kegiatan kantor di luar akan dilonggarkan, transportasi boat secara reguler dibolehkan, namun tetap mematuhi aturan protokol kesehatan.

Dalam Minggu ini pun kapal antar pulau akan segera juga beroperasi, namun aturannya mesti ikuti tatanan protokol kesehatan yang berlaku, demi kenyamanan bersama. (jaibi)

TerPopuler