Kapolda Sumbar dan Gubernur Tinjau Perkebunan Milik Anggota Polri

Kapolda Sumbar dan Gubernur Tinjau Perkebunan Milik Anggota Polri

Jumat, 12 Juni 2020, 15:35
Kapolda Irjen Toni Harmanto memanen pepaya. (foto ist)

Padang, Rakyatterkini - Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto, bersama Gubernur Irwan Prayitno dan Forkopimda Sumbar, mengunjungi perkebunan milik dua anggota Polri di Kabupaten Padang Pariaman, Kamis (11/6).

Kunjungan para pimpinan di Sumbar ini, untuk melihat langsung inovasi yang dilakukan dalam menjaga ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19.

Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Satake Bayu, kemarin mengatakan awalnya, Kapolda bersama rombongan berkunjung ke lokasi baru penanaman bibit pepaya di Batu Basa Nagari III Koto Aur Malintang Kecamatan IV Koto Aur Malintang, Padang Pariaman milik Kompol Jon Hendri, yang menjabat sebagai Kasat Intelkam Polresta Padang.

Di sana, Kapolda bersama Gubernur dan rombongan juga melakukan penanaman bibit pertama pepaya secara serentak.

Usai melakukan penanaman bibit pepaya secara bersama, rombongan kemudian melakukan peninjauan lokasi perkebunan pepaya dan jagung di Korong Padang Laring Barat, Nagari III Koto Aur Malintang Utara.

Selain melihat langsung perkebunan pepaya yang sudah berbuah, Kapolda dan rombongan juga ikut memanennya dengan memetik buah yang sudah masak.

Diketahui, perkebunan pepaya dan jagung yang dikelola oleh Kompol Jon Hendri ini, memiliki luas lebih kurang 7 hektar dengan mempekerjakan karyawan tetap sebanyak 8 orang dengan gaji harian Rp. 85.000/hari dengan hasil panen setiap minggu sekitar 3.5 Ton.

Usai dari lahan Kompol Jon Hendri, rombongan kembali melanjutkan perjalanannya ke Korong Lagan Condong Nagari Malai V Suku Timur, Batang Gasan, Padang Pariaman.

"Di sana terdapat lahan sekitar 12 hektar yang dikelola oleh Brigadir Indel Supridi, salah satu anggota Polsek Sungai Limau Polres Pariaman, "ujar Satake.

Lahan yang disewanya tersebut, dikelola oleh Brigadir Indel untuk ditanami jagung. Dari perkebunannya itu, polisi yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas ini telah mempekerjakan karyawan tetap sebanyak 15 orang, dengan gaji harian Rp. 85.000 / hari dan hasil panen per tiga bulannya sekitar 50 Ton. (gp)

TerPopuler