Fakhrizal-Genius Umar Siap Hadapi Tahapan Pilkada Gubernur Sumbar

Fakhrizal-Genius Umar Siap Hadapi Tahapan Pilkada Gubernur Sumbar

Senin, 15 Juni 2020, 17:40
Fakhrizal-Genius Umar.

Padang, Rakyatterkini - Pemilihan umum Gubernur (Pilkada) Sumatera Barat 2020 akan berlangsung pada Desember mendatang. Pada era new normal ini, KPU Sumbar pun sudah mulai memasuki tahapan Pilkada, pada Senin (15/6/2020).

Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2021–2026, diikuti beberapa pasangan calon, termasuk pasangan Irjen Pol. Fakhrizal-Genius Umar yang maju pada calon perseorangan.

Untuk menghadapi Pilkada tersebut, pasangan Fakhrizal-Genius Umar menyatakan kesiapannya menghadapi tahapan Pilkada Sumbar yang akan dimulai pada Senin (15/6) setelah adanya penundaan akibat pandemi Covid-19.

Irjen Fakhrizal-Genius Umar, Senin (15/6) menyatakan kesiapannya menjalani tahapan verifikasi faktual yang dilakukan KPU, terhadap persyaratan dukungan untuk mengikuti Pilkada Sumbar.

“Kita sudah mengumpulkan syarat dukungan dan tugas itu sudah kita lakukan,” ujar Genius Umar.

Menurutnya, saat ini KPU Sumbar melakukan tahapan verifikasi faktual dan pihaknya mendorong KPU dapat sukses melaksanakan tugas mereka.

Dikatakan, pada tahap verifikasi administrasi pasangan Fakhrizal-Genius Umar, KPU Sumbar menetapkan jumlah dukungan calon pasangan perseorangan Fakhrizal-Genius Umar berkurang dari 327.774 menjadi 306.661 dukungan.

Jumlah ini berada di bawah ambang batas minimal yang harus dimiliki sebesar 316.051 dukungan agar dapat menjadi pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar dalam Pilkada 2020.

Padahal sebelumnya pasangan perseorangan Fakhrizal-Genius Umar telah menyerahkan syarat dukungan sebanyak 336.657 dukungan.

Ia mengakui memang ada kekurangan setelah dilakukan verifikasi administrasi oleh KPU Sumbar dan pihaknya kembali telah mengumpulkan dukungan dari masyakat untuk memenuhi syarat tersebut.

“Kita sudah siap menghadapi tahapan verifikasi faktual, jika ada kekurangan jumlah dukungan, kita siapkan menambahkan. Alhamdulillah sudah ada tambahan dukungan sebanyak 100 ribu surat dukungan, ”kata Genius. (gp)

TerPopuler