Datanglah! Menikmati Sinar Surya Desa Terindah di Dunia

Datanglah! Menikmati Sinar Surya Desa Terindah di Dunia

Senin, 29 Juni 2020, 16:23
Panorama Pinggang Merapi dari kawah daun, Jorong Guguak Nagari Pariangan. (yusnaldi)

Batusangkar, Rakyatterkini - Panorama alam dan destinasi budaya di Nagari Tuo Pariangan kembali ramai dikunjungi sejak diberlakukan masa new normal dari Pandemi Covid-19.

Pengunjung lokal dari daerah ini telah bisa menikmati sinar mahari hingga tenggelamnya sang surya di nagari kaki Merapi itu.

Di kawasan Jorong Guguak Nagari Pariangan yang disebut sebagai Desa Terindah di Dunia, pengunjung telah ramai menikmati megahnya panorama alam.

Syafri, 57, seorang pengelola obyek kawah daun menyebut bahwa pengunjung mulai berdatangan sejak diterapkan now normal  beberapa waktu lalu, namun kedatangannya belum terlalu banyak.

"Memang baru mulai ada masyarakat yang datang, kebanyakan dengan keluarga dan rombongan kecil," kata Syafri di kawah daunnya.

Kawah daun ini merupakan suguhan minuman tradisi di kawasan destinasi wisata yang tiba-tiba boomimg dan populer sejak dijuluki Desa Terindah di Dunia oleh media asing.

Ada tiga titik lokasi kawah daun, yang dibangun dari lanskap panorama alam melatar pinggang Gunung Merapi itu yang dilengkapi sarana mushala dan WC permanen.

Di panorama menukik dan meliukan pandangan yang memanjakan mata dengan kehijauan tumbuhan  dan perbukitan ke arah hamparan nagari-nagari di kaki gunung.

Di kesejukan lokasi kawa daun itu terhidang menu makanan tradisi dan beragam cemilan.

"Datanglah menikmati matahari pagi dan teduhnya petang ke sini, dengan kawa daun" ajak Syafri.

Atas dibukanya destinasi ini, Kabid Parawisata Dispora Efrison meminta agar pengelola kawa daun mesti menerapkan protokol kesehatan  new normal dengan melengkapi tempat cuci tangan, handsanitizer sosial distance, dan mewajibkan pengunjung pakai masker.

Sebab, Efrison meyakini perlahan Nagari Tuo Pariangan bakal ramai dikunjungi untuk menikmati panorama alam dan destinasi budaya di nagari pusat budaya Minangkabau itu. (ydi)

TerPopuler