CJH Batal Berangkat, Ini Permintaan Kakankemenag Tanah Datar

CJH Batal Berangkat, Ini Permintaan Kakankemenag Tanah Datar

Kamis, 18 Juni 2020, 19:40
Kakankemeng Tanah Datar, Syahrul dihadapan staf. (foto ist)

Batusangkar, Rakyatterkini - Kepala Kankemenag Tanah Datar, H. Syahrul berharap agar pemerintah memprioritaskan Jemaah Calon Haji (JCH) Tanah Datar yang dibatalkan berangkat tahun ini untuk diberangkatkan ke Tanah Suci tahun depan.

Permintaan ini disampaikannya terkait dengan keputusan Kementerian Agama membatalkan keberangkatan jemaah haji melalui Keputusan Menteri Agama Nomor 494 Tahun 2020.

"Kita berharap dan meminta agar sebanyak 263 JCH kuota haji utama, dan 17 kuota cadangan asal Tanah Datar jadi prioritas berangkat pada musim haji tahun 2021 nanti," ucap Syahrul saat ditemui di kantornya, Kamis (18/6).

Dikatakan, jumlah keseluruhan, yakni sebanyak 280 itu JCH telah siap untuk berangkat ketika semua kelengkapan,  syarat dan biaya telah dipunyai dan ditunaikan, namun atas keputusan itu harus dengan lapang dada mesti diterima.

Menurut Syahrul, semua telah ada dan memiliki, seperti paspor, vaksin maningitis hingga buku panduan manasik haji.

”Saat ini kita menunggu kiriman dan paket paspor  dari provinsi untuk dikembalikan.pada calon jemaah," timpalnya.

Mengenai uang ntuk setoran biaya haji, jelasnya Kakankemenag,bisa diambil namun tidak dibenarkan secara utuh atau keseluruhan karena bisa berdampak terhadap hilangnya kuota keberangkatan nantinya.

Menurutnya, dana yang boleh diambil itu dalam rangka pelunasan tahap dua, karena begitu diambil dananya secara global, porsinya hilang. Jadi yang bisa diambil dalam kelebihan dari Rp 25 juta-Rp.34 juta.

Namun, untuk ini pihaknya juga menunggu instruksi lebih lanjut. Pembatalan ini tentu menambah panjang daftar tunggu masyarakat yang akan melaksanakan ibadah haji. (ydi)

TerPopuler