Balon Pilkada, Dedi Rahmanto Putra: 'Sudah Seharusnya Pessel Punya Resi Gudang' -->

Balon Pilkada, Dedi Rahmanto Putra: 'Sudah Seharusnya Pessel Punya Resi Gudang'

Minggu, 21 Juni 2020, 07:25
Balon Pilkada Pessel, Dedi Rahmanto Putra. (foto ist)

Painan, Rakyattetkini - Pesisir Selatan merupakan kabupaten yang masyarakatnya banyak bergerak di bidang pertanian.

Sudah seharusnya Pesisir Selatan mempunyai sistem resi gudang.

Itu diungkapkan bakal calon kepala daerah dari Partai Golkar Kabupaten Pesisir Selatan yang juga Ketua Komisi IV DPRD Pesisir Selatan Dedi Rahmanto Putra, Sabtu (20/6/2020).

Dedi Rahmanto Putra menyampaikan sistem resi gudang, merupakan instrumen strategis yang memberdayakan petani dan pelaku usaha.

Dimana komoditi yang dihasilkan mampu memberikan nilai ekonomis dalam bentuk pinjaman yang diajukan ke bank maupun lembaga non bank.

Biasanya ketika panen raya berlangsung, harga langsung turun. Nah, dengan adanya sistem resi gudang ini setidaknya petani bisa mencari opsi lain. 

Biasanya tidak mau murah, tapi mau mahal, ketika panen petani langsung jual. Tentu karena faktor modal, pilihan nya hanya satu, yakni menjual ke tengkulak. 

Dengan adanya sistem resi gudang yang akan kita bangun di Pesisir Selatan ini, diharapkan akan membuat alternatif pendanaan bagi petani, dengan meresigudangkan hasil pertanian mereka hingga dapat diuangkan dan juga mempunyai nilai jual, jelas Dedi Rahmanto.

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Pesisir Selatan ini, melanjutkan yang perlu kita perhatikan bersama adalah penguatan kelembagaan petani di Pesisir Selatan, yaitu dengan memberikan edukasi dan inovasi. 

Dengan penguatan kelembagaan, mudah untuk mendapatkan program ke pusat untuk di bawa ke Pesisir Selatan, kata Dedi Rahmanto.

" Saya sudah komunikasikan ke Kementerian Perdagangan, Insya Allah program sistem resi gudang ini akan kita dapatkan, dengan kerjasama Pemerintah Daerah Pesisir Selatan. Jika saya diamanakan nanti sebagai kepala daerah di Kabupaten Pesisir Selatan, maka memperhatikan kesejahteraan petani yang ada merupakan salah satu target yang harus terpenuhi," tutup Dedi Rahmanto.

Untuk Bersama diketahui, ada 10 komoditi yang dapat diresigudangkan yaitu; gabah, beras, jagung, kopi, kakao, lada, karet, rumput laut, rotan dan garam. (baron)

TerPopuler