Aktivitas Tempat Ibadah Dibuka lagi di Mentawai

Aktivitas Tempat Ibadah Dibuka lagi di Mentawai

Kamis, 11 Juni 2020, 07:09
Rapat sosialisasi bersama wabup Mentawai. (foto ist)

Mentawai, Rakyatterkini - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai dan para tokoh agama sepakat untuk membuka kembali aktivitas tempat ibadah.

Pemerintah sepakat untuk melakukan relaksasi pelonggaran beribadah di rumah ibadah mulai dari 12 Juni untuk masjid dan 14 Juni untuk gereja dengan menerapkan protokol tatanan normal baru Produktif dan aman Covid-19.

Tokoh agama di Mentawai telah melakukan rapat sosialisasi da sepakat untuk membuka kembali rumah ibadah untuk melayani jamaah yang akan datang, ”ucap Kortanius Sabeleake, wakil bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Rabu (10/6/2020).

Semua pengurus tempat ibadah diharuskan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dalam setiap kegiatan keagamaan yang digelar.

Untuk mencegah penyebaran Covid-19, kita semua sepakat untuk memperhatikan protokol Covid -19. Karena tim gugus Covid-19 ikut mengawasi.

Kortanius Sabeleake menuturkan tokoh agama menyambut gembira kembali diizinkannya kegiatan keagamaan. Mereka juga sepakat untuk melaksanakan protokol kesehatan.

Antaranya sterilisasi di rumah ibadah seperti gereja, masjid. Selain itu harus menyediakan tempat cuci tangan, pembatasan jarak saat ibadah dan semua umat yang beribadah harus menggunakan masker.

“Jadi hari ini semua perangkat pemerintahan dari tingkat kabupaten, kecamatan, desa sudah disosialisasikan langsung untuk penerapan protokol kesehatan Covid di rumah ibadah," katanya.

Seluruh tokoh agama bersama pemerintah daerah dan aparat keamanan komitmen untuk mendorong masyarakat untuk mematuhi protokol tatanan norma baru dan aman Covid-19.

Pakai masker, jaga jarak 1 meter, mencuci tangan dengan sabun menggunakan air yang mengalir serta mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditentukan pemerintah. (jaibi)

TerPopuler