Update, Hari ini Bertambah Tiga Warga Agam Positif Terpapar Covid-19

Update, Hari ini Bertambah Tiga Warga Agam Positif Terpapar Covid-19

Rabu, 13 Mei 2020, 16:53
Bersemangat.

Agam, Rakyatterkini.com - Dari hari ke hari catatan warga positif covid-19 di Kabupaten Agam bertambah. Berdasarkan informasi, Rabu (13/5) kembali dicatatkan penambahan 3 warga positif terpapar covid-19.

Penambahan itu, ditenggarai dari hasil test swab pengembangan pemeriksaan terhadap pasien positif terpapar virus corona sebelumnya.

Menurut juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Agam, Khasman Zaini SE. MPA menyebutkan, penambahan 3 warga positif terpapar itu, masing-masing CM (35), warga Talago Bawah, jorong Surabayo, Nagari Lubukb Basung, tenaga kesehatan di RSUD Lubukbasung, yang masuk dalam cluster WN, petugas labor puskesmas Lubuk Basung.

Demikian demikian tercatat 11 tenaga kesehatan di Agam yang dinyatakan positif terpapar covid-19.

Dan RI (26), di Salo, Baso, pelaku perjalanan dari Jakarta ke Agam yang diisolasi di PPSDM Baso sejak tanggal 5 Mei lalu, dan RE (42), warga jorong Bonjo Alam,Nagari Ampang Gadang, kecamatan Ampek Angkek, keduanya merupakan cluster baru di Agam.

Tambahan 3 warga Agam yang positif terpapar virus corona itu, sebelumnya juga sudah diumumkan juru bicara GTP2 Covid-19 Sumbar Jasman Rizal, yang detail datanya akan disampaikan Rabu sore nanti.

Dijelaskan Khasman Zaini, sesuai dengan perkembangan pemeriksaan medis, dengan test swab yang dilakukan, dari hasil tracing cluster WN, petugas labor puskesmas Lubuk Basung memeriksa sample AG, warga Baso yang positif terpapar, diperoleh data baru, yakni CM personil RSUD Lubuk Basung yang dinyatakan positif terpapar, yang saat ini menjalani isolasi mandiri dan direncanakan akan dirujuk ke Dilkat Polri Padang Besi, Padang.

Dengan demikian, saat ini tercatat sudah 3 warga Lubuk Basung yang dinyatakan positif terpapar covid-19, yang seluruhnya justru berasal dari tenaga kesehatan yang berjuang di garis depan dalam upaya memutus rantai penyebaran covid-19 di Agam.

Sementara dua warga lain merupakan warga Salo, yang sebelumnya melakukan perjalanan dari Jakarta ke Agam, dan sejak tanggal 5 Mei lalu sudah menjalani karantina di PPSDM Baso serta seorang warga nagari Ampang Gadang yang keduanya dijadualkan akan dirujuk ke RSAM Bukittinggi untuk penanganan lebih lanjut.

Terkait  kondisi tersebut, Khasman Zaini, atas nama GTP2 Covid-19 Agam, tidak bosan bosannya mengimbau masyarakat untuk selalu mentaati protokol penanganan covid-19, memakai masker, menjaga jarak, rajin mencuci tangan dengan sabun serta menuruti berbagai himbauan pemerintah dalam upaya memutus rantai penyebaran virus corona di Agam.

"Mari kita selalu berdoa, agar wabah ini segera barakhir, dan mari saling mengingatkan serta taati keprotokolan penanganan Covid 19, Anda selamatkan saya, saya selamatkan anda. Tetap di rumah, biar kami yang kerja, sebut Khasman Zaini penuh harap. (VN)

TerPopuler