Solok Selatan Umumkan Tiga Orang Positif Covid-19

Solok Selatan Umumkan Tiga Orang Positif Covid-19

Rabu, 06 Mei 2020, 22:38
Solok Selatan umumkan tiga warga positif Covid.19. (foto ist)

Solok Selatan, Rakyatterkini.com - Berselang dua hari, pasca diumumkan Solok Selatan merupakan satu-satunya daerah teraman dari penyebaran Virus Covid-19. Namun hal tersebut barubah 180 derajat, setelah Pemerintah Kabupaten Solok Selatan mengumumkan tiga warganya positif Covid-19.

Hal itu berdasarkan hasil tes swab Laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) Padang, Rabu (6/5).

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Solok Selatan yang juga Plt. Bupati Solok Selatan Abdul Rahman, mengatakan ketiga warga tersebut beralamat di Pakan Rabaa Tengah, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD), dan Ini merupakan kasus pertama di Solok Selatan.

Adapun warga yang dinyatakan positif Covid-19  berinisial Yt, perempuan 55 tahun, berprofesi sebagai guru. Kemudian, Ys, ibu Yt yang berusia 80 tahun. Ketiga, AA (18, Laki-laki) yang merupakan anak Yt. Yt sendiri dalam riwayatnya baru kembali dari perjalanan ke Padang pada 19 April silam.

“Selanjutnya, saat ini, sesuai dengan SOP, kita lakukan tracking. Mulai yang bersangkutan dalam perjalanan pulang dari Padang, tenaga medis serta masyarakat yang pernah berinteraksi,” katanya, sebagaimana dirilis Humas Pemkab Solok Selatan.

Di samping melakukan tracking, saat ini pihak terkait menyiapkan lokasi karantina dan juga perawatan yang bersangkutan.

Pihaknya kembali menghimbau masyarakat untuk tetap patuh terhadap berbagai himbauan yang telah disampaikan yakni untuk tidak bepergian jika tidak terlalu penting, selalu menggunakan masker, dan protokol lainnya.

kondisi dalam keadaan sehat. Namun dipersiapkan untuk dikarantina. Lokasi karantina dipersiapkan,” kata Abdul Rahman.

Sebelumnya, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno sempat mengatakan Solok Selatan wilayah yang paling aman saat dilakukan pool test di lima daerah. Masing-masing Kota Solok, Sawahlunto, Kabupaten Limapuluh Kota, Sijunjung dan Solok Selatan.

“Daerah dites melalui metode pool yang dipimpin oleh Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand, diambil dengan cara random lewat 100 spesimen,” katanya. (Peb)

TerPopuler