Sepeda Motor Knalpot Racing Marak, Warga Surantih Mengeluh -->

Sepeda Motor Knalpot Racing Marak, Warga Surantih Mengeluh

Kamis, 28 Mei 2020, 17:13
Sepeda motor knalpot racing marak di Pessel

Painan, Rakyatterkini - Masyarakat Surantih, Kecamatan Sutera, Pesisir Selatan, Sumatera Barat, mengeluhkan terkait semakin maraknya pemakaian knalpot racing oleh sejumlah pengendara motor akhir-akhir ini.

Masyarakat menilai hal itu sangat mengganggu kenyamanan dan ketertiban umum, karena suara bising yang ditimbulkan oleh sejumlah pengendara (knalpot racing-red), tidak mengenal waktu.

Terkadang disaat warga sedang melaksanakan ibadah Salat Maghrib dan Isya. Terkadang pada saat tengah malam dimana semua orang akan beristirahat," ungkap Eva Sisrikumala Dewi (25), warga Pasar Surantih, Rabu malam (27/5).

Dikatakannya, dia merasa sangat terganggu dengan hilir mudiknya sejumlah pengendara sepeda motor yang memakai knalpot bising itu, terutama di malam hari dan juga bertepatan dihalaman rumahnya.

Knalpot racing itu, kata dia, pemakainya didominasi oleh anak-anak muda yang sering nongkrong didepan rumahnya.

"Saya memiliki anak kecil, rumah saya juga terletak di pinggir jalan raya. Mereka ini (pengguna knalpot racing-red), dulu sudah pernah saya tegur supaya tidak nongkrong didepan rumah, karena anak saya sering terbangun mendengar suara bising itu, namun sepertinya tidak didengarkan, malahan semangkin hari semangkin ramai saja," keluhnya.

Dia berharap agar pihak kepolisian khususnya diwilayah hukum Polsek Sutera, segera menertibkan masalah tersebut. Karena telah menimbulkan keresahan di tengah-tengah masyarakat.

Bahkan di siang hari, lanjut dia, orang tua yang sedang berkendara sering merasa kaget dan terkadang menggerutu jika pengguna knalpot racing tersebut melintas di jalan raya.

Saya atas nama masyarakat berharap agar pihak kepolisian segera menertibkan pemilik sepeda motor yang mengganggu ketenangan masyarakat tersebut, terutama pada malam Minggu. Terkadang mereka juga menggunakan lapangan bola 'Gadih Basanai' sebagai tempat arena balap," terangnya.

Hal senada juga diungkapkan Rudi (38), seorang warga yang memiliki toko disimpang tiga pasar Surantiah, penggunaan knalpot racing itu, kata dia, sudah terjadi sejak beberapa bulan terakhir.

Pengendara yang memakai knalpot racing itu, sengaja memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi, mengeluarkan suara nyaring dan memekakkan telinga. Kalau di tempat-tempat ramai mereka semangkin menjadi-jadi. Seolah-olah jalan raya ini milik nenek moyang mereka," ujarnya dengan nada geram.

Lebih lanjut kata dia, biasanya yang menggunakan knalpot racing itu adalah anak muda, mereka sengaja memodifikasi kendaraannya untuk ugal-ugalan pada malam hari. Namun, hingga saat ini pihak kepolisian belum ada melaksanakan razia terkait penertiban knalpot racing tersebut.

Kalau kita perhatikan setiap malam Minggu, sambil duduk-duduk di warung kopi Simpang tiga pasar Surantih ini, maka banyak sepeda motor yang menggunakan knalpot racing lalu lalang. Umumnya mereka adalah para remaja dan pelajar," tutupnya.

Pantauan Rakyatterkini.com di lapangan, Rabu malam (27/5), terlihat puluhan bahkan hingga ratusan motor lalu-lalang dengan menggunakan knalpot racing di wilayah hukum Polsek Sutera malam itu.

Hal ini tentu sangat mengganggu kenyamanan warga sekitarnya. Apalagi, suaranya begitu memekakkan telinga. Meski kawasan Simpang tiga pasar Surantih sangat rawan laka lantas, Namun, pengendara sepeda motor sepertinya tidak peduli dengan hal itu, mereka tetap seenaknya saja tancap gas.

Terkait hal ini, kita sangat mengharapkan agar jajaran Polisi Resort Pesisir Selatan (Polres Pessel) khususnya di wilayah hukum Polsek Sutera, segera melakukan penertiban terhadap pengguna knalpot racing tersebut. Hal itu dilakukan untuk memberikan efek jera terhadap penggunaan knalpot racing. (baron)

TerPopuler