Ribuan Nelayan Kurangi Aktivitas Melaut Sejak Covid-19 Mewabah -->

Ribuan Nelayan Kurangi Aktivitas Melaut Sejak Covid-19 Mewabah

Senin, 25 Mei 2020, 12:34
Aktivitas nelayan.

Padang, Rakyatterkini - Ribuan nelayan terpaksa mengurangi kegiatan melaut dari lima kali sepekan menjadi tiga kali. Ini disebabkan, turunnya permintaan ikan sejak merebaknya virus Covid-19.

Nelayan mengurangi frekuensi melaut karena minimnya pembeli dan harga ikan mengalami penurunan sekitar 25 persen.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar, Ir. Yosmeri, mengakui terjadinya penurunan aktivitas nelayan ke laut. Ini terjadinya, karena permintaan dan harga ikan mengalami penurunan.

Untuk pasokan ikan tidak ada kendala dan yang menjadi persoalan berkurangnya daya beli masyarakat sehingga mereka terpaksa mengurangi intensitas melaut.

Hal ini tentu berdampak terhadap pendapatan nelayan, terutama yang menerima upah dari pemilik kapal.

Sebagai solusi, DKP bersama mitra telah membuat layanan online untuk penjualan ikan segar dan ikan olahan.

Setelah ada yang memesan ikan melalui layanan online ini, pedagang akan mengantarkan ikan ke alamat pemesan, beberapa saat kemudian. Layanan ini sudah berjalan sekitar beberapa pekan lalu.

Penjualan ikan online ini merupakan kegiatan mandiri bekerjasama dengan nelayan. Bagi warga kota Padang dapat mengorder ikan segar atau olahan melalui handphone ke nomor 08536458061 (Eri), 081270767279 (Yosi) dan nomor 081363543705 (Neli). Pesanan akan diantar ke kantor dan ke rumah pemesan.

Selain itu, jika nelayan tersebut masuk kategori miskin akan masuk dalam pendataan Dinas Sosial untuk kemudian mendapatkan bantuan.

Diceritakan, layanan jual ikan online ini dibuat untuk membantu para nelayan Sumbar yang kehilangan pasar, akibat mewabahnya Covid-19. (hms-sumbar)

TerPopuler