Ratusan Bagan Telah Ditertibkan di Danau Singkarak -->

Ratusan Bagan Telah Ditertibkan di Danau Singkarak

Rabu, 20 Mei 2020, 11:14
Petugas dan masyarakat menertiban bagan.

Padang, Rakyatterkini - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) terus menertibkan bagan di Danau Singkarak. Hingga sekarang, sudah ratusan bagan disita dan dimusnahkan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar, Ir. Yosmeri kepada rakyatterkini.com mengatakan pihaknya sudah puluhan kali melakukan penertiban di Danau Singkarak.

Penertiban dilakukan secara berkelanjutan sebagai upaya menyelamatkan populasi ikan bilih di Danau Singkarak. "Iya, terus kita tertibkan, nanti setelah semua kegiatan berjalan lagi, akan kita tertibkan kembali, "ujar Yosmeri.

Berdasarkan Pergub Sumbar, pengoperasian bagan di Danau Singkarak dilarang. Selain itu, Perda pun sudah ada yang mengatur, bagan dilarang di Danau Singkarak.

Semua aturan sudah disepakati oleh masyarakat, untuk itu pihaknya tetap melakukan penertiban kembali bagan dan keramba hingga habis di Danau Singarak. Di dalam Perda sudah dijelaskan, bagan dan keramba harus nol, ujar Yosmeri.

Ribuan nelayan tradisional terganggu oleh bagan tersebut. Jumlah bagan di Danau Singkarak lebih dari 500 bagan. Ini harus ditertibkan agar ikan bilih tidak punah dan pariwisata tidak terganggu.

Danau Singkarak di samping menunjang perekonomian masyarakat juga mendukung pariwisata," jelas Yosmeri. (hms-sumbar)

TerPopuler