Menjelang New Normal, Satpol PP Mentawai Ikuti Pembinaan Mental -->

Menjelang New Normal, Satpol PP Mentawai Ikuti Pembinaan Mental

Sabtu, 30 Mei 2020, 13:53
Satpol PP Mentawai ikuti pembinaan mental. (foto jaibi)

Mentawai, Rakyatterkini - Jelang memasuki tatanan kehidupan baru yang disebut new normal, Satpol PP Mentawai diberikan pembinaan mental dan disiplin melalui materi semi militer.

Pendidikan semi militer yang diberikan TNI-Polri ini guna meningkatkan kedisplinan dalam melaksanakan tugas sebagai penegak perda, kata Bupati Mentawai Yudas Sabagalet usai berikan arahan, Jumat (29/5/2020).

Terkait dengan perpanjangan PSBB tahap III, diharapkan dapat berjalan dengan baik bersama tiga pilar, namun lebih difokuskan kepada petugas satpol PP selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Tahap III ini.

Persiapan menuju normal ini, salah satunya mempersiapkan kekuatan Personil Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP), agar pengamanan berjalan dengan masksimal nantinya, ujarnya.

Dikatakan, penerapan semi militer kepada Satpol PP, guna menjaga ketertiban pergerakan masyarakat di beberapa sektor diantaranya, sektor perdagangan seperti pasar yang ada di wilayah kabupaten kepulauan mentawai saat menuju new normal setelah berahkir PSBB tahap III pada 7 juni 2020 mendatang.

Menurut Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet saat vidcon bersama instansi vertikal tingkat kabupaten se-Sumatra barat pada 28 April 2020 lalu pihaknya menjaga situasi di berbagai tempat umum itu agar tertib dan terarah.

Masuk dimasa new normal nanti, lanjut Yudas untuk pencegahan penyebaran virus corona, setiap pelabuhan kapal yang ada di mentawai, semuanya harus satu jalur, sehingga tidak ada yang masuk melalui pintu lain.

“Ini yang kita persiapkan jelang new normal untuk memeperkuat personel yang tergabung dalam tiga pilar yaitu, TNI, Polri dan Satpol PP. PSBB tahap III ini transisi menuju new normal, kuncinya kembali kepada prilaku masyarakat” terangnya.

Dalam penegakan perda, kata Yudas Satpol PP merupakan ujung tombak pemerintah kabupaten kepulauan mentawai, maka dalam hal ini di pastikan tugas mereka dalam melakukan penertiban ditengah masyarakat selama new normal nanti.

“Nah, untuk memperkuat personel, kita meminta TNI-Polri untuk memberikan pelatihan semi militer selama PSBB tahap III dalam persiapan menuju new normal” kata Yudas.

Tak hanya itu, kesehatan personil Satpol PP paling utama dalam bertugas dan kedisipilanan juga sangat perlu ditingkatkan yang didasari dalam jiwa, sehingga dalam melaksanakan tugas tidak mendongkol, tuturnya.

Prinsipnya Satpol PP ini merupakan pilar utama dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai untuk mendampingi TNI dan Polri dalam mengatur dan mendisiplinkan serta menertibkan masyarakat. (jaibi)

TerPopuler