Malam Takbiran, Kemilau Lampu Colok Menghiasi Nagari Koto Taratak -->

Malam Takbiran, Kemilau Lampu Colok Menghiasi Nagari Koto Taratak

Sabtu, 23 Mei 2020, 22:30
Lampu colok hiasi malam takbiran. (foto baron)

Painan, Rakyatterkini - Alunan takbir dari corong pengeras suara masjid dan mushola berkumandang di seluruh penjuru Koto Taratak, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pessel, Sabtu (23/5/2020) malam.

Begitu juga tempat-tempat lain di kabupaten lain, Nagari Koto Taratak ini siap menyambut Idul Fitri. Suasana semakin meriah karena kemilau lampu colok memenuhi nagari. Itu adalah pemandangan yang selalu ada pada saat malam takbiran. Keberadaan lampu ini menghiasi ajang Nagari Koto Taratak Sutera.

Malam ke-27 Ramadan, seluruh masyarakat Koto Taratak bergotong royong memasang lampu colok. Hal itu sudah jadi tradisi. Mereka mendirikan struktur bambu dengan bentuk-bentuk menawan. Struktur tersebut kemudian dipasangi puluhan hingga ratusan lampu colok.

Di zaman dahulu, lampu colok dibuat dari damar. Sejalan berjalannya waktu, lampu ini dibuat dari bambu, botol dan kaleng dari bekas minuman sebagai wadahnya. Sementara solar atau minyak tanah dipilih sebagai bahan bakarnya. Proses pengerjaannya dimulai sebelum bulan Ramadan.

Pemasangan lampu colok merupakan kearifan lokal kabupaten Pessel. Oleh Pemerintah daerah setempat kegiatan ini kemudian dijadikan sebagai penyabut Idul Fitri.

Pada tahun 2020 ini, festival dimeriahkan sekitar 70 bangunan lampu calok dengan mengusung tema "lestarikan budaya lampu colok di negeri junjungan kali ini, Nagari Koto Taratak, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan.

Pemuda Koto Taratak turut menyaksikan kegiatan lampu colok di kampungnya, total lampu colok yang dihidupkan khususnya di 70 sampai ratusan saja.

Tradisi ini hanya takbiran pakai lampu colok ini hanya semata mengigat tradisi yang lama dari nenek moyang kita dan juga memperindah suasana malam takbiran, tutur wali nagari Syafriyon SIP.

Disela itu Syafriyon juga menghimbau masyarakata memkai masker dan tidak berkerumunan dan menjaga jarak. (baron)

TerPopuler