Konsumsi Ikan Masyarakat Sumbar Menunjukan Peningkatan -->

Konsumsi Ikan Masyarakat Sumbar Menunjukan Peningkatan

Kamis, 21 Mei 2020, 13:41
Konsumsi ikan meningkat.

Padang, Rakyatterkini - Konsumsi ikan masyarakat Sumbar terus menunjukan peningkatan. Masyarakat mulai menyadari manfaat ikan sangat tinggi untuk kecerdasan otak dan kesehatan badan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar, Ir. Yosmeri mengatakan, tidak hanya konsumsi ikan yang meningkat, selama 10 tahun terakhir, banyak jenis kuliner yang muncul berbahan dasar ikan dan mampu memberi peluang kerja pada masyarakat banyak.

Tumbuhnya kuliner berbahan dasar ikan adalah bukti terjadinya kenaikan tingkat konsumsi ikan di Sumbar. Contohnya di kawasan Pantai Padang kini tumbuh rumah makan yang menyediakan aneka ikan dengan berbagai menu.

Hari makan ikan mulai dicanangkan pada 2012, setelah meningkatnya kuliner seafood dan aneka olahan ikan, serta peningkatan produk perikanan. Seperti rendang tuna, sate tuna, sate lele, abon tuna, abon rendang dan lainnya.

Yang terpenting saat ini, masyarakat sekarang ini mulai sadar bagaimana manfaat makan ikan bagi tubuh dan otak. Agar tidak jenuh dengan menu ikan yang selama ini menjadi sambal itu ke itu saja kini, sudah banyak menu pilihan lain. Sehingga masyarakat khususnya anak-anak tidak bosan makan ikan.

"Kami dari DKP terus menyosialisasikan akan pentingnya mengkonsumsi ikan untuk kesehatan dan kecerdasan, "ujar Yosmeri, pada rakyatterkini, beberapa pekan lalu.

Dengan banyaknya masyarakat mengkonsumsi ikan diharapkan tumbuh generasi sehat, cerdas dan bebas dari stunting serta gizi buruk.

“Di daerah kita potensi ikan sangat besar. Potensi itu harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk kesehatan dan kecerdasan anak-anak kita,” ujarnya. (hms-sumbar)

TerPopuler